Breaking News:

SMAN 3 Pati Buka Kelas Khusus Olahraga

Pada tahun ajaran 2021/2022 ini, SMAN 3 Pati membuka Kelas Khusus Olahraga (KKO).

Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Kepala SMAN 3 Pati Sudarto ketika diwawancarai Tribunjateng.com di ruang kerjanya, Selasa (8/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pada tahun ajaran 2021/2022 ini, SMAN 3 Pati membuka Kelas Khusus Olahraga (KKO).

Kelas khusus ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para siswa untuk mengembangkan bakat olahraga.

Dalam pembukaan KKO ini, SMAN 3 Pati bersinergi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Pati.

Kepala SMAN 3 Pati Sudarto mengatakan, sejauh ini sudah ada 32 siswa yang melakukan daftar ulang untuk program KKO.

“Kuota terpenuhi. Sesuai juknis minimal ada pendaftar 20 siswa. Alhamdulillah sampai hari ini sudah 32 yang resmi daftar ulang. Maksimalnya 36 siswa,” ucap dia ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (8/6/2021).

Sudarto menyebut, melalui KKO ini, diharapkan para siswa yang memiliki minat dan bakat olahraga bisa mengembangkan diri tanpa terganggu jadwal akademis sebagaimana di kelas reguler.

“Kalau di kelas reguler mereka terganggu harus stand by di kelas, sementara dia harus ikut latihan. Di KKO, siswa kami beri kelonggaran untuk izin mengikuti latihan, tapi juga tetap mengganti kewajibannya di waktu lain,” ucap dia.

Sesuai rekomendasi, sebut Sudarto, KKO dibuka untuk semua cabang olahraga (Cabor). Adapun tahun ini siswa yang mendaftar terbagi dalam tujuh cabor.

Dari total 32 yang telah daftar ulang, terdiri atas 7 siswa dari cabor sepak bola, 17 dari bola voli, 1 panahan, 4 pencak silat, 1 karate, 1 tarung drajat, dan 1 taekwondo.

Ia mengatakan, waktu sosialisasi program yang sempit menjadi kendala dalam pembukaan perdana KKO.

“Namun ini karena program KKO masih baru di Pati. Mungkin tahun depan karena kami punya waktu agak longgar, kami bisa sosialisasi sejak awal,” kata dia.

Kendala lainnya, tambah Sudarto, KKO yang dibuka hanya jurusan IPS. Sehingga ada siswa yang tidak jadi mendaftar karena ingin masuk jurusan IPA.

“Untuk KKO ini kelas yang kami buka memang hanya jurusan IPS. Tapi ke depan akan kami ajukan program IPA juga, jadi ada KKO IPA dan IPS,” tandas dia.

(*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved