Breaking News:

Berita Semarang

Tanam 1.000 Magrove dan Merawatnya Upaya Generasi Peduli Iklim Cegah Pesisir Semarang "Dadi Segoro"

Belasan lembaga dan komunitas peduli lingkungan di Kota Semarang merapatkan barisan untuk menyelamatkan wilayah pesisir. 

istimewa
Sejumlah aktivis peduli lingkungan tanam 1.000 mangrove di pesisir sebagai upaya menangkal abrasi yang semakin parah di Kampung Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.  

Penulis : Iwan Arifianto

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Belasan lembaga dan komunitas peduli lingkungan di Kota Semarang merapatkan barisan untuk menyelamatkan wilayah pesisir. 

Mereka menggalakan program tanam 1.000 magrove sekaligus merawatnya sebagai upaya "Cegah Maleh Dadi Segoro" atau mencegah berubah menjadi lautan. 

Kegiatan dilakukan di Kampung Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. 

Manajer advokasi dan Kampanye Walhi Jateng, Iqbal Alma mengatakan, penanaman mangrove yang dilakukan  adalah bentuk keprihatinan terhadap kondisi pesisir Semarang yang kian hari semakin rusak.

Hal itu dampaknya selalu menyasar masyarakat  yaitu berupa banjir rob. 

Itupun belum dengan kiriman banjir dan sampah yang dikirim dari hulu. 

"Kegiatan Tanam mangrove dan merawatnya perlu digalakan. Apalagi Semarang masuk ke dalam wilayah kritis mangrove di jawa tengah," paparnya kepada Tribunjateng.com, Senin (7/6/2021).

Menurut dia, kondisi itu seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah.

Tetapi kenyatannya dengan kondisi pesisir yang demikian kritis, Pemerintah tidak memandang penting keberadaan tanaman mangrove

Halaman
123
Penulis: iwan Arifianto
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved