Breaking News:

Bupati Jawab Kelangkaan Pupuk Bersubsidi di Pati

Terkait kurangnya pupuk bersubsidi, dia mengatakan bahwa akses pupuk bersubsidi antara kebutuhan teknis yang diusulkan melalui E-RDKK.

Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Rapat Paripurna DPRD Pati, Rabu (9/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dalam forum rapat paripurna DPRD Pati, Selasa (8/6/2021) kemarin, Bupati Pati Haryanto mendapat pertanyaan dari Fraksi Partai Demokrat mengenai kelangkaan pupuk subsidi dan rendahnya harga jual gabah. 

Haryanto memberikan jawabannya dalam forum lanjutan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Pati, Rabu (9/6/2021).

Terkait kurangnya pupuk bersubsidi, dia mengatakan bahwa akses pupuk bersubsidi antara kebutuhan teknis yang diusulkan melalui E-RDKK (Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) belum bisa terpenuhi karena kemampuan keuangan daerah yang berbeda.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan Pemkab Pati untuk mengatasi hal ini ialah sebagai berikut.

“Pertama, melakukan update kebutuhan pupuk melalui E-RDKK yang disampaikan ke Kementerian Pertanian melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jateng. Selanjutnya kami juga mendorong tanam padi ramah lingkungan dan memfasilitasi pembuatan pupuk organik melalui Unit Pengolah Pupuk Organik,” jelas dia.

Haryanto menambahkan, pihaknya juga mengusulkan penambahan kebutuhan pupuk bersubsidi melalui Provinsi.

“Kami juga mendorong produsen pupuk untuk menyediakan pupuk nonsubsidi di kios pupuk yang dekat, mudah, dan cepat diakses petani,” tutur dia.

Terkait harga jual gabah, Haryanto mengatakan bahwa Dinas Pertanian telah melakukan inisiasi, fasilitasi, dan kerja sama dengan Bulog dan pengusaha di bidang beras agar bisa menyerap hasil panen petani melalui kebijakan kesepakatan bersama Serap Gabah (Sergab).

Kesepakatan tersebut ditandatangani Kostraling Pati, Perum Bulog Kantor Cabang Pati, Bank BNI Pati, serta diketahui Ditjen Tanaman Pangan, Dispertan Pati, Kodim Pati, serta Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

(*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved