Breaking News:

Ganjar Tegas Tolak PTM Sekolah Dibuka di Zona Merah Jawa Tengah

Pemerintah berencana menggulirkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) pada tahun ajaran baru 2021 atau Juli 2021.

ISTIMEWA
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. 

Penulis: Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Pemerintah berencana menggulirkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) pada tahun ajaran baru 2021 atau Juli 2021.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Kementerian Agama pun meluncurkan panduan penyelenggaraan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di masa pandemi.

Panduan ini sebagai pedoman agar sekolah tetap sehat di masa pandemi.

Rencana PTM yang bebarengan dengan lonjakan kasus covid pasca-libur Lebaran menjadi sorotan.

Apalagi, kasus covid di Jawa Tengah menjadi tertinggi di Indonesia berdasarkan data di Satgas Covid-19 Pemerintah Pusat.

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan Jateng, ada delapan daerah yang termasuk zona merah di provinsi ini. Yakni, Kudus, Sragen, Brebes, Demak, Jepara, Pati, Kabupaten Tegal, dan Grobogan.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menegaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka tidak dilakukan di zona merah.

"Yang (zona) merah nggak boleh," kata Ganjar, Rabu (9/6/2021).

Sedangkan untuk zona hijau dan kuning diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Pembelajaran dilakukan tetap dengan hati-hati," tandas gubernur.

Sekolah yang akan menggelar PTM harus mengikuti prosedur dan memenuhi penilaian sejumlah aspek. Antara lain terkait kesiapan sarana dan prasarana berkaitan protokol kesehatan, guru, siswa, dan sebagainya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencatat ada delapan daerah yang masuk ke dalam zona merah penularan covid.

Bahkan, status zona merah disandingkan kepada kabupaten/kota di sekitar daerah yang sebelumnya menjadi episentrum penularan covid.

Sebelumnya, pekan pertama pasca-libur Lebaran, tiga daerah yakni Brebes, Kudus, dan Sragen masuk zona merah. Kini, beberapa daerah di sekitar tiga kabupaten tersebut bertitel zona merah.

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved