Breaking News:

Penanganan Corna

Nur Rokhim Juru Kunci Makam Bung Karno Lumpuh Seusai Divaksin Corona, Ratusan Tukang Becak Takut

Ratusan pengayuh becak di kompleks Makam Presiden Soekarno (Bung Karno) Kota Blitar tidak memenuhi undangan vaksinasi Covid-19 awal pekan ini.

Editor: galih permadi
KOMPAS.COM/ASIP HASANI
Pangkalan pengayuh becak di Jalan Soekarno-Hatta Kota Blitar, Kamis (10/6/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, BLITAR - Ratusan pengayuh becak di kompleks Makam Presiden Soekarno (Bung Karno) Kota Blitar tidak memenuhi undangan vaksinasi Covid-19 awal pekan ini.

Mereka mengaku takut menerima suntikan vaksin setelah mendengar kabar salah satu juru kunci Makam Bung Karno, Nur Rokhim, mengalami kelumpuhan beberapa pekan setelah divaksin, awal dan pertengahan Maret lalu.

Kompas.com menemui beberapa pengayuh becak di sekitar area parkir PIPP di Jalan Soekarno-Hatta Kota Blitar, Kamis sore (10/6/2021).

Hal itu dilakukan untuk mencari tahu alasan keengganan para pengayuh becak mengikuti vaksinasi Covid-19 yang seharusnya mereka ikuti tiga hari lalu, Senin (7/6/2021).

Setidaknya lima pengayuh becak mengatakan tidak memenuhi undangan vaksinasi tersebut dengan alasan yang mulanya terkesan berbelit.

Namun, salah satu di antara mereka, Madun, memberikan penjelasan yang cukup gamblang kenapa para pengayuh becak itu tidak memenuhi undangan vaksinasi Covid-19.

Madun, pengayuh becak asal Bekasi, Jawa Barat yang telah bertahun-tahun menjadi pengayuh becak di kompleks Makam Bung Karno, mengaku tidak mengikuti vaksinasi Covid-19 lantaran takut.

"Banyak (pengayuh becak) yang enggak ikut vaksin. Apalagi pegawai PIPP di sini ada yang sebulan lumpuh setelah divaksin. Pak siapa namanya, Pak Nur kalau tidak salah. Dia sudah sebulan lumpuh, sampai sekarang masih lumpuh," ujar Madun.

Namun, Madun juga mengaku bahwa dirinya memiliki penyakit diabetes dan kolesterol sehingga enggan jika harus disuntik vaksin.

Beberapa pengayuh becak lain mengutarakan alasan yang agak berbelit terkait kenapa tidak mengikuti vaksinasi Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved