Breaking News:

Penanganan Corona

Pemkab Kudus akan Evaluasi SOP Pemberangkatan Warga Positif ke Asrama Haji Donohudan

Mas'ut mengatakan, sesuai dengan SOP tersebut warga yang dikirim ke Donohudan yakni kasus konfirmasi positif yang tanpa gejala

Tribun Jateng/ Rifqi Gozali
Sejumlah warga bersujud sebagai bentuk rasa syukur karena dinyatakan negatif setelah diswab antigen di Rusunawa Bakalan Krapyak, Selasa (8/6/2021). Mereka urung berangkat isolasi ke Asrama Haji Donohudan. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus akan mengevaluasi standar operating procedure (SOP) terkait pemberangkatan warga positif Covid-19 untuk menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan. Hal itu menyusul adanya warga Kudus yang meninggal setelah menjalani isolasi terpusat di sana.

"Itu SOP sudah kami terbitkan, sudah kami kirim ke seluruh camat," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Mas'ut, Kamis (10/6/2021).

Mas'ut mengatakan, sesuai dengan SOP tersebut warga yang dikirim ke Donohudan yakni kasus konfirmasi positif yang tanpa gejala. Kemudian kasus konfirmasi dengan gejala ringan.

"Asalkan mereka bisa mengurusi diri sendiri. Dengan membawa hasil laborat RDT antigen atau PCR output dari NAR," kata dia.

Selanjutnya, kata Mas'ut, warga yang diberangkatkan tidak dalam keadaan hamil. 

Diketahui, ada satu warga Kudus yang meninggal saat menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan. Warga tersebut bernama Subiyanto usia 63 tahun asal Mlati Lor, Kecamatan Kota, Kudus.

Warga tersebut meninggal setelah dirujuk dari Asrama Haji ke rumah sakit.

"Meninggalnya di RSJ Solo. RSJ sana dimanfaatkan juga untuk penderita pasien Covid. Jadi sudah dirujuk di sana. Meninggalnya di RSJ di Solo. Kemungkinan kalau melihat usianya punya penyakit penyerta," tandas Mas'ut.

Dengan adanya satu yang meninggal, pihaknya akan melakukan evaluasi SOP. "Akan kami evaluasi ulang. Termasuk pertimbangan usia," kata dia.

Memang dalam standar yang pihaknya terapkan, belum mencantumkan batasan usia. Sebab, katanya, biasanya warga yang berusia di atas 60 tahun memiliki komorbid.

"Nanti akan kami sampaikan kepada petugas screening yang ada di Rusunawa," katanya.

Diketahui, sampai saat ini sudah ada 429 warga Kudus positif yang telah menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan. Daru jumlah sebanyak itu, 11 di antaranya dirujuk ke rumah sakit. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved