Breaking News:

Berita Pati

Pemkab Pati Adakan Vaksinasi Corona Gratis Bagi Calon TKI

Bupati Pati Haryanto melihat langsung proses vaksinasi Covid-19 yang diikuti para calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Klinik Ben Mari Juwana

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto melihat langsung proses vaksinasi Covid-19 yang diikuti para calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Klinik Ben Mari Juwana, Kamis (10/6/2021).

Vaksinasi gratis ini merupakan fasilitas dari Pemerintah Kabupaten Pati bagi para calon pekerja migran/TKI yang akan berangkat ke luar negeri.

“Hari ini saya memonitor vaksinasi warga kami yang mau berangkat ke luar negeri. Mereka diwajibkan vaksin, jadi kami fasilitasi,” ujar Haryanto.

Ia mengatakan, terdapat total 207 calon pekerja migran yang mengikuti vaksinasi Covid-19 secara gratis di Klinik Ben Mari.

“Tapi karena kita tidak boleh berkerumun, jadi kami jadwalkan empat hari. Per harinya sekitar 50 orang. Sudah mulai sejak Selasa kemarin, jadi besok terakhir,” tambah dia.

Ia menyebut, rata-rata yang mengikuti vaksinasi kali ini merupakan calon pekerja migran yang akan berangkat ke Korea Selatan.

Nantinya pihaknya juga akan memberi fasilitas yang sama pada calon pekerja yang hendak ke Jepang.

Haryanto berharap, fasilitas dari Pemda ini bisa membantu warga yang hendak bekerja ke luar negeri, sehingga persyaratan terpenuhi dan perjalanan mereka tidak terhambat.

Diakuinya, persyaratan keberangkatan kerja ke luar negeri memang sangat ketat pada masa pandemi ini.

“Saya berpesan, sekalipun sudah vaksin, protokol kesehatan 5M tetap dijaga. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas,” papar dia.

Ia menegaskan, prokes harus benar-benar dijaga. Terlebih karena di Pati saat ini sedang dilabeli status darurat covid.

“BOR (Bed Occupation Rate) Isolasi kita dianggap sampai 80 persen dan peningkatan kasus Covid-19 kita ada 200 persen. Daerah tetangga malah peningkatan ribuan persen. Jadi harus hati-hati,” imbau Haryanto.

Satu di antara peserta vaksinasi, Arifin, mengaku senang mendapat fasilitas vaksin gratis dari pemerintah daerah.

“Memang untuk berangkat ke Korea Selatan ada persyaratan harus vaksin.

Tapi jadwal berangkatnya saya belum tahu. Mudah-mudahan pemerintah mengizinkan secepatnya,” ujar warga Desa Danyangmulyo, Kecamatan Winong ini. (mzk)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved