Breaking News:

Mercu Buana Jakarta

Di Tengah Pandemi Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta Berikan Edukasi Motion Graphic

Fenomena tersebut dianggap sebagai potensi oleh beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta

Editor: abduh imanulhaq
Di Tengah Pandemi Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta Berikan Edukasi Motion Graphic
ist
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Animasi selama ini hanya dipandang sebagai media yang mewah, mahal dan sophisticated dalam proses produksinya sehingga perkembangan terbatas pada film layar lebar maupun tayangan televisi serta karya seni audiovisual.

Namun, seiring perkembangan teknologi informasi digital dan komputer  mengantarkan animasi sebagai obyek penting hingga mampu mengukuhkan dirinya sebagai media yang menakjubkan.

Kecanggihan animasi komputer, baik secara hardware maupun software, mampu menerjemahkan imajinasi dan kreatifitas menjadi sebuah karya.

Animasi menjadi semakin mudah, murah dan menarik sehingga dapat digunakan oleh masyarakat luas multi bidang.

Fenomena tersebut dianggap sebagai potensi oleh beberapa mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta.

Melalui Kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN) bimbingan Ridho Azlam Ambo Asse, S.IKom., M.I.Kom Mahasiswa atas nama  Indah Ayu Anggraeni (MC & Acara), Dafik Nurfatah (Pemateri), dan Deny Listyowati (Fasilitator) menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan tema “Pesantren Animasi Ramadhan 2021 (PASIR 2021)”.

Kegiatan yang berlangsung pada bulan Ramadhan Sabtu, 8 Mei 2021 ini menarik berbagai partisipan yang terdiri dari kalangan remaja siswa-siswi sekolah menengah dan kejuruan serta mahasiswa antar daerah.

Kegiatan PASIR 2021 mengajarkan peserta  membuat animasi Motion Graphic dan berlangsung secara daring.

Era Digital Di Tengah Pandemi Mahasiswa Universitas Mercubuana Jakarta Berikan Edukasi Motion Graphic
Era Digital Di Tengah Pandemi Mahasiswa Universitas Mercubuana Jakarta Berikan Edukasi Motion Graphic (ist)

Mahasiswa menjelaskan materi tentang proses pembuatan animasi dari mulai pembuatan greeting, motion light, penambahan special effects, hingga menambahkan audio.

Para peserta ditargetkan menyelesaikan video motion graphic tersebut dalam waktu 1 minggu setelah materi diberikan.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang juara yaitu Juara 1 dimenangkan oleh M. Fachreza Rijal K, juara 2 Vanesa Apliria Rosita dan juara ketiga Yuniva Lutfi Sanjani.

"PASIR 2021 hadir untuk memberikan edukasi kepada anak-anak milenial untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan jaman terlebih di era digital seperti sekarang ini. Meski berlangsung secara daring partisipan tetap aktif saling berinteraksi dan mengikuti arahan. Kami juga berharap ilmu yang sudah diberikan akan mampu membantu remaja khususnya dalam menuangkan kreatifitasnya dan meningkatkan kemampuan mengikuti era digital yang terus berkembang," ungkap Dafik dan rekan panitia yang juga bekerja sebagai editor visual  perusahaan media di Jakarta. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved