Breaking News:

Opini

OPINI Paulus Mujiran : Balas Budi untuk Pendukung Setia Jokowi

Menteri BUMN Erick Tohir mengangkat musisi Abdee Negara dari grup band Slank (Abdee Slank) sebagai komisaris independen PT Telkom Indonesia

Editor: Catur waskito Edy
Tribun Jateng
Paulus Mujiran 

Oleh Paulus Mujiran, SSos, MSi

Alumnus Pascasarjana Undip

Menteri BUMN Erick Tohir mengangkat musisi Abdee Negara dari grup band Slank (Abdee Slank) sebagai komisaris independen PT Telkom Indonesia.

Penunjukan ini semakin menambah daftar panjang pendukung Presiden Joko Widodo dalam pemilihan presiden yang kini merasakan empuknya kursi komisaris BUMN. Meski praktik memberi jatah komisaris terus menuai kritik pemerintah tetap bergeming.

Tak hanya Abdee Slank, di periode pemerintahan Jokowi yang pertama Fadjroel Rahman diangkat sebagai Komisaris Utama PT Adhi Karya pada September 2015, kemudian diangkat di Waskita Karya.

Dan di periode kedua Jokowi, Fadjroel kembali ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi sekaligus Juru Bicara Presiden. Fadjroel terkenal sebagai salah satu aktivis reformasi yang mendukung pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada pemilihan presiden 2014.

Kemudian ada nama Andi Gani Nena Wea mantan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) yang diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) pada tahun 2016.

Andi Gani merupakan anak ketiga dari almarhum Jacob Nuwa Wea yang pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi di era Presiden Megawati. Saat Pilpres 2019 Andi Gani ikut penggalangan massa buruh pada beberapa kampanye dan menjadi Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Jokowi.

Juga ada nama Lukman Edy mantan Sekjen PKB yang diangkat menjadi Wakil Komisaris Utama PT Hutama Karya. Pada Pilpres 2019 Lukman sebagai Direktur Saksi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf.

Kemudian Kristia Budiyarto yang diangkat menjadi Komisaris PT Pelni pada November 2020. Ia dikenal sebagai aktivis media sosial dengan nama akun Kang Dede dan memiliki lebih dari 99.000 pengikut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved