Breaking News:

Berita Semarang

XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siap mendukung geliat industri wisata di Jawa Tengah.

Penulis: Idayatul Rohmah
Editor: sujarwo
Istimewa
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeliharaan perangkat BTS yang berada di lereng gunung Sumbing, Dusun Marongan, Sukomakmur, tidak jauh dari obyek wisata Nepal van Java, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Senin (07/06). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siap mendukung geliat industri wisata di Jawa Tengah melalui penyediaan jaringan telekomunikasi dan data yang mumpuni.

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, sektor wisata menjadi salah satu penopang ekonomi wilayah Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

Saat ini XL Axiata mengoperasikan sekitar 450 BTS 3G dan 4G yang tersebar di area tersebut.

"Salah satu bagian dari ekosistem wisata yang kuat adalah ketersediaan jaringan data yang juga kuat. Karena itu, XL Axiata menyambut baik inisiatif berbagai pihak yang tidak kenal lelah untuk membangkitkan pariwisata di Jawa Tengah, dengan memastikan kesiapan jaringan kami," kata Bambang seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Jateng, Jumat (11/6/2021).

Di Jawa Tengah, kata dia, jaringan 4G telah menjangkau desa-desa pelosok yang berada di kaki-kaki gunung yang kini menjadi destinasi wisata populer, antara lain di desa Butuh yang kini terkenal sebagai Nepal van Java, Desa Selo yang berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu, juga Gardu Pandang Ketep Pass.

"Jaringan XL Axiata telah menjangkau 98% dari total 59 kecamatan yang ada di seluruh wilayah Kota dan Kabupaten Magelang, Temanggung, serta Wonosobo, yang melayani total hampir 500 ribu pelanggan," sebutnya.

Ia menambahkan, program fiberisasi jaringan juga terus dilakukan ke semua BTS yang ada guna meningkatkan kapasitas jaringan agar kualitas data menjadi maksimal. Dalam beberapa tahun terakhir ini, perusahaan juga terus melakukan perluasan ke area-area yang belum terjangkau layanan seluler. 

Menurut Bambang, dalam periode dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 340% di kawasan ini, dengan pertumbuhan tertinggi berada di Magelang.

"Dalam rentang waktu yang sama, terdapat kenaikan pelanggan hingga 196 persen dengan kenaikan tertinggi juga berada di Magelang. Peningkatan trafik dan pelanggan yang signifikan tersebut memperlihatkan bahwa kawasan ini sangat potensial. Masyarakat semakin tergantung dengan internet dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan di Temanggung dan Wonosobo, sekitar 88% desa telah menggunakan layanan 4G," imbuhnya.

Dari sisi produk, pada produk XL, terdapat berbagai pilihan paket unggulan Xtra Combo Lite mulai dari 3GB dengan kisaran harga Rp 10.000 hingga 40 GB untuk masa aktif 30 hari dengan kisaran harga Rp 62.000.

Dengan paket ini, masyarakat dapat menikmati akses ke berbagai aplikasi seperti Whatsapp, Line, Instagram, Youtube hingga Netflix. Untuk layanan pascabayar, XL Prioritas menawarkan produk unggulan myPRIO X Unlimited yang terdiri dari Silver X, Gold X, Platinum X, Diamond X, dan Ultima X dengan harga mulai dari Rp 80.000, salah satu keunggulannya dapat menikmati akses internet unlimited. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved