Breaking News:

DPRD Kabupaten Kendal

Tokoh NU Kendal Sambut Baik Lahirnya Perda Pesantren

Disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Pesantren pada rapat paripurna DPRD, Rabu (9/6/2021) lalu, menjadi kabar gembira para tokoh Nahdlatul Ulama.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun silaturrahmi dengan para tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kendal 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Pesantren pada rapat paripurna DPRD, Rabu (9/6/2021), menjadi kabar gembira para tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Kendal.

Para kiai pun menyambut baik lahirnya Perda Pesantren Kabupaten Kendal yang diharapkan dapat menjadi acuan pemerintah daerah agar hadir dalam mengembangkan dan memajukan pesantren.

Ketua PCNU Kendal, Danial Royyan mengatakan, Perda yang sudah sah sebagai turunan Undang-undang Pesantren ini diharapkan dapat diimplementasikan hingga tingkat bawah dengan baik.

Sehingga, fungsi utama dirintisnya Perda bisa berdampak positif bagi pondok pesantren dan lembaga-lembaga pendidikan agama lainnya yang berafiliasi dengan pesantren.

Seperti contoh, madrasah dan Taman Pendidikan al - Quran (TPQ).

Menurutnya, lahirnya Perda Pesantren yang diprakarsai fraksi PKB DPRD Kendal ini, bisa membantu pembenahan pesantren agar lebih baik lagi.

"Selama ini, pemerintah daerah hanya membantu pada fasilitas gedung yang sejalan dengan naiknya anggaran pendidikan. Tetapi, guru madrasah dan guru TPQ yang tidak memiliki tunjangan perlu mendapatkan perhatian terkait kesejahteraannya," terangnya saat silaturrahmi DPC PKB bersama PCNU Kendal, Sabtu (12/6/2021) di gedung PCNU Kendal.

Dengan mengusung konsep pesantren sebagai lembaga pendidikan, lembaga dakwah dan tempat pemberdayaan sumber daya manusia, Danial berharap nantinya santri murni tidak hanya mengaji kitab kuning saja.

Juga dapat mengenyam pendidikan formal sebagai bekal menuju masa depan.

"Santri ini juga harus dipikirkan, santri kan juga potensi bangsa, santri juga punya jasa besar terhadap NKRI," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved