Breaking News:

Berita Regional

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, KH Nawawi Abdul Djalil Pengasuh Ponpes Sidogiri Meninggal Dunia

Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, KH Nawawi Abdul Djalil wafat, Minggu (13/6/2021)

Editor: galih permadi
Dok. Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad
Pengasuh Ponpes Sidogiri, KH Nawawi Abdul Djalil (paling kanan) semasa hidup. 

TRIBUNJATENG.COM, MALANG - Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, KH Nawawi Abdul Djalil wafat, Minggu (13/6/2021) pukul 16.40 WIB.

Mustasyar atau Penasehat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu wafat dalam perawatan di RSUD Bangil akibat sakit asam lambung dan tifus.

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur yang juga Ketua Dewan Pakar Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS), Anwar Sadad merasa kehilangan dengan wafatnya KH Nawawi.

"Kepergian KHA Nawawi Abdul Djalil, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan adalah kehilangan besar. Bukan hanya umat Islam di Jawa Timur. Tapi juga bagi umat Islam di tanah air," katanya melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Minggu malam.

Sosok rendah hati dan diterima semua golongan

Menurutnya, almarhum yang dikenal rendah hati itu merupakan ulama yang melampaui peradaban.

Sebab, selain sebagai pengasuh di salah satu pondok pesantren terbesar di Jawa Timur, almarhum juga sebagai penasehat PBNU, salah satu organisasi terbesar di Indonesia.

Semasa hidup, KH Nawawi juga merupakan tokoh yang dapat diterima oleh semua golongan. Hal ini terlihat dengan banyaknya berbagai tokoh yang datang kepadanya.

"Beliau tokoh yang dapat diterima berbagai golongan. Hal itu dapat ditunjukkan dengan beragamnya tokoh yang sowan ke ndalem (kediaman) beliau di Pondok Pesantren Sidogiri," katanya.

"Seringkali dengan para tamu, beliau bergurau mengapa tokoh-tokoh nasional mendatanginya, padahal beliau merasa hanyalah seorang kiai pesantren yang jauh dari kota," kata Anwar Sadad yang juga saat menjabat sebagai Plt Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved