Breaking News:

Liputan Khusus

Kenapa Kasus Pernikahan Anak di Jateng Melonjak 630 Persen? Ternyata Sebagian Besar Karena Ini

Angka perkawinan anak atau pernikahan dini di Jawa Tengah melonjak drastis selama pandemi Covid-19.

Editor: Catur waskito Edy
freepik
Ilustrasi Hamil 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Angka perkawinan anak atau pernikahan dini di Jawa Tengah melonjak drastis selama pandemi Covid-19.

Tahun 2019 tercatat ada 2.049 kasus pernikahan anak, dan melonjak kira-kira 630 persen menjadi 12.972 kasus.

Kepala DP3AKB Jateng, Retno Sudewi mengungkapkan pernikahan anak banyak terjadi di beberapa wilayah di Jateng. Antara lain Jepara, Pati, Blora, Grobogan, Cilacap, Brebes, Banjarnegara, dan Purbalingga.

Berdasarkan penelitian, faktor penyebanya yakni ekonomi atau kemiskinan, sosial budaya masyarakat, pendidikan, dan hamil di luar nikah.

Untuk menekan tingginya angka pernikahan dini pihaknya menginisiasi gerakan Jo Kawin Bocah. Gerakan ini untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan perkawinan anak.

Pihaknya juga mengeluarkan buku saku yang berisi panduan untuk mensosialisasikan pencegahan perkawinan anak. Kemudian, mengkampanyekan logo Nikah Sehati (sehat, terencana, mandiri).

"Kami juga melakukan pelatihan keterampilan hidup bagi anak-anak. Ada forum genre, OSIS,disabilitas. Untuk mendata perempuan dan anak rentan termasuk perkawinan anak, kami buat aplikasi Apem Ketan, yakni aplikasi pemetaaan perempuan dan anak rentan. Ini sudah diuji coba di Klaten, Kota Semarang, dan Wonosobo," kata Retno Sudewi.

Jo Kawin Bocah

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah meresmikan Care Center Jo Kawin Bocah di kantor DP3AP2KB, Jumat 28 Mei 2021.

Care Center ini merupakan tindak lanjut dari gerakan Jo Kawin Bocah yang telah diluncurkan Gubernur Jawa Tengah pada pada 20 November 2020 bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Universal.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved