Breaking News:

Berita Semarang

Mau Cari Kerja? Pemkot Semarang Siapkan Aplikasi Pencarian Kerja di Sini

Pemerintah Kota Semarang meluncurkan Apik Kerjaku di Situation Room Balai Kota Semarang, Senin (14/6/2021)

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang meluncurkan Apik Kerjaku di Situation Room Balai Kota Semarang, Senin (14/6/2021).

Apik Kerjaku merupakan aplikasi sistem informasi pasar kerja terbuka dan terpadu untuk mewadahi warga Kota Semarang yang tengah mencari kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang, Sutrisno mengatakan, pemkot ingin warga bangga menjadi bagian dari kota ini, satu diantaranya dengan mudahnya mencari kerja di Semarang.

Melalui inovasi ini, pihaknya ingin memberikan kemudahan bagi warga dalam mendapatkan pekerjaan. Terlebih, cukup banyak masyarakat menganggur akibat kondisi pandemi Covid-19.

"Pak Wali (Hendrar Prihadi) ingin wong Semarang bangga, golek gawean gampang. Sedikit demi sedikit, melalui aplikasi ini pengangguran akan berkurang. Perekonomian akan semakin bangkit dan ada percepatan," papar Sutrisno.

Dia menjelaskan, warga bisa mengakses aplikasi melalui https://siker.semarangkota.go.id/. Kemudian, mendaftar AK 1 atau kartu kuning dengan langsung melampirkan ijazah terakhir dan data pendukung lain. Mereka akan terekam sebagai data pencari kerja yang nantinya diverifikasi oleh Disnaker.

Dari data itu, sejumlah HRD dari berbagai perusahaan akan melihat kompetensi yang dimiliki pencari kerja melalui aplikasi tersebut. 

Diakuinya, baru 2-3 persen dari total 4.000 perusahaan di Kota Semarang yang masuk dalam Apik Kerjaku. Namun, ke depan pihaknya akan menggandeng lebih banyak lagi perusahaan untuk masuk ke aplikasi tersebut.

"Nanti HRD akan lihat pencari kerja punya kompetensi apa. Kalau karyawan yang dibutuhkan jumlahnya banyak akan direkrut bersama-sama. Kalau tidak banyak, akan wawancara di perusahaan yang dituju," paparnya.

Dia berharap, warga Kota Semarang yang sedang mencari kerja bisa mengisi di Apik Kerjaku. Dengan demikian, pihaknya bisa mengetahui seberapa banyak angkatan kerja di Kota Semarang. Apalagi, data BPS menyebutkan tingkat pengangguran di Kota Lunpia mencapai 9,57 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved