Breaking News:

Berita Karanganyar

Antisipasi Lonjak Pasien Covid-19 di Karanganyar, Kini Ada Penambahan 300 Tempat Tidur

Jumlah tempat tidur (TT) Covid-19 di Kabupaten Karanganyar bertambah menjadi 300 TT guna mengantisipasi adanya lonjakan pasien menyusul adanya tren ke

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) DKK Karanganyar, Dwi Rusharyati. 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Jumlah tempat tidur (TT) Covid-19 di Kabupaten Karanganyar bertambah menjadi 300 TT guna mengantisipasi adanya lonjakan pasien menyusul adanya tren kenaikan kasus Covid-19.

Berdasarkan data yang dihimpun Tribunjateng.com dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar per Senin (14/6/2021), tercatat ada sebanyak 552 kasus aktif Covid-19.

Dari jumlah itu 205 orang menjalani rawat inap. Sedangkan 347 orang menjalani isolasi mandiri. 

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) DKK Karanganyar, Dwi Rusharyati menyampaikan, DKK telah melakukan koordinasi dengan Dirut RS rujukan Covid-19 di Karanganyar untuk menindaklanjuti arahan dari presiden saat mengadakan koordinasi dengan jajaran Forkopimda kabupaten/kota. 

Baca juga: Seusai Keroki Bos, Seorang Pembantu di Karanganyar Terpapar Covid-19

Baca juga: Polres Karanganyar akan Tindak Tegas Aksi Premanisme

Baca juga: Pemkab Karanganyar Berikan Bantuan Kepada Anggota Linmas, Juliyatmono: Wujud Penghargaan

Baca juga: Bupati Karanganyar Minta Acara Hajatan Gunakan Konsep Banyu Mili Mulai 1 Juli 2021

"Arahannya, kabupaten/kota yang TT Covid-19 50 persen ke atas harus segera ada upaya untuk menambah TT," katanya kepada Tribunjateng.com, Selasa (15/6/2021).

Dia menuturkan, tingkat keterisian TT Covid-19 di Karanganyar pada pekan lalu mencapai 52 persen. Dari delapan RS rujukan, ada tiga RS rujukan yang melakukan penambahan TT Covid-19. 

"Jati Husada nambah 60 TT, PKU nambah 18 TT dan RSUD baru persiapan. Dengan adanya penambahan TT, tingkat keterisian saat ini 42 persen," ucapnya. 

Dia menerangkan, dari semula 202 TT di delapan RS rujukan Covid-19, kini total sudah ada 300 TT baik ruang isolasi dan ICU Covid-19. Dari jumlah total TT saat ini, 138 TT sudah terpakai dan menyisakan 162 TT Covid-19.

Lanjutnya, selain menjalani perawatan di RS rujukan wilayah Karanganyar, warga juga ada yang menjalani perawatan di RS daerah Solo terutama warga yang tinggal di wilayah Karanganyar bagian barat. 

Terpisah, Kabid Yanmed RSUD Karanganyar, Kristanto mengatakan, RSUD Karanganyar saat ini memiliki 119 TT Covid-19. Tingkat keterisian TT saat ini sekitar 75 persen. Dia menjelaskan, terkait rencana penambahan TT Covid-19 di RSUD Karanganyar saat ini masih dalam kajian.

"Kenaikan terjadi sejak 11 Juni 2021, sebelumnya masih sekitar 50 persen sampai 60 persen," terangnya. (Ais). 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved