Breaking News:

Berita Kudus

Total Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Kudus Terisi 94 Persen

Tempat tidur pasien Covid-19 di tujuh rumah sakit rujukan di Kudus saat ini terisi 94 persen.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Badai Ismoyo, Selasa (15/6/2021) 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Tempat tidur pasien Covid-19 di tujuh rumah sakit rujukan di Kudus saat ini terisi 94 persen. Artinya, dari seluruh rumah sakit rujukan yang ada di Kudus, tersedia 482 tempat tidur untuk pasien Covid-19 sudah terpakai 452 tempat tidur.

“Sehingga apabila melihat kasus seperti ini, di angka rata-rata 150 sampai 200 (kasus per hari) akan sangat dimungkinkan bahwasanya rumah sakit tempat tidur isolasinya itu tidak bisa menampung lagi,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kudus, Badai Ismoyo, Selasa (15/6/2021).

Keterpakaian tempat tidur pasien Covid-19 saat ini mengalami penurunan dibandingkan sepekan yang lalu mencapai 96 persen. Meski begitu Badai menilai angka pasien yang dirawat di rumah sakit masih tinggi.

“Bupati telah menginstruksikan untuk dilakukan penambahan dari tempat tidur isolasi di rumah sakit rujukan. Sehingga dengan penambahan tersebut kurang lebih di angka 750-an tempat tidur yang seharusnya tersedia,” ujar Badai.

Jika penambahan tempat tidur itu bisa optimal dilakukan oleh seluruh rumah sakit rujukan, maka akan tersisa sekitar 250 tempat tidur untuk pasien Covid-19.

Upaya lain yang tengah dilakukan oleh Pemkab Kudus yakni menyiapkan sejumlah titik isolasi terpusat di Kudus. Saat ini memang yang paling siap yakni di Rusunawa Bakalankrapyak. Namun, katanya, pihaknya juga menyiapkan sejumlah titik isolasi terpusat di Colo dan Sonyawarih Menawan.

“Kemudian kerja sama dengan pemerintah kecamatan, desa juga membangun isolasi terpusat di desa kurang lebih ada 9 titik tempat yang akan dijadikan sebagai isolasi terpusat desa. Di samping upaya lain dengan Satgas melakukan pembatasan aktivitas masyarakat yang berpotensi berkerumun misal hajatan, tempat wisata, tempat kuliner itu juga sudah dilakukan pembatasan yang lebih ketat,” kata dia.

Dari data Dinas Kesehatan Kudus sampai pada 14 Juni 2021, kasus aktif Covid-19 di Kudus mencapai 2.182. Dari jumlah sebanyak itu, 491 di antaranya dirawat di rumah sakit baik di Kudus maupun di luar Kudus. Sedangkan yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 1.211 orang, dan isolasi terpusat sebanyak 480 orang. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved