Breaking News:

Bank Dunia Prediksi Ekonomi Indonesia 2022 Tumbuh 5%

Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini tumbuh 4,4 persen, dan kembali berlanjut pada tahun depan.

Editor: Vito
istimewa
ilustrasi ekonomi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Bank Dunia (World Bank) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali ke zona positif pada 2021, setelah terkontraksi 2,07 persen yoy.

Dalam laporannya, Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini tumbuh 4,4 persen.

Pertumbuhan kembali berlanjut pada tahun depan dan diperkirakan angka pertumbuhan di 2022 bisa menyentuh 5 persen, meningkat 0,2 persen dari prediksi sebelumnya pada Januari 2021 sebesar 4,8 persen.

Meski angkanya meningkat, Bank Dunia memberi catatan bahwa peningkatan angka pertumbuhan ekonomi tak serta merta membuka lapangan pekerjaan bagi sektor-sektor tertentu.

“Sektor-sektor jasa yang tidak bernilai tambah (low value-added services) seperti perdagangan, transportasi, dan di bidang jasa ramah tamah (hospitality), akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih,” ujar Bank Dunia, dalam laporan yang diterima Kontan, Rabu (16/6).

Bank Dunia juga menyarankan Indonesia dan negara-negara berkembang lain tetap waspada tentang adanya ketidakpastian yang membayangi, terutama masih dari kasus covid-19 yang diperkirakan meningkat di sejumlah wilayah.

Bank Dunia mengimbau otoritas melakukan perbaikan penanganan pandemi. Karena saat ini program vaksinasi terpantau masih lambat, bahkan ada varian baru covid-19.

Pemulihan ekonomi masih akan sangat bergantung dari kapabilitas masing-masing negara, termasuk Indonesia dalam menjalankan komitmen vaksinasi, besarnya ketergantungan dari perekonomian negara lain, juga kondisi dalam negeri.

“Meningkatkan jumlah vaksinasi dipercaya akan menurunkan jumlah kasus pada 2022 dan bahkan 2023 di seluruh daerah ekonomi, termasuk Indonesia,” papar Bank Dunia(Kontan.co.id/Bidara Pink)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved