Breaking News:

Berita Kudus

Universitas Muhammadiyah Kudus Dirikan Pesantren Covid-19

Bangunan yang semual asrama itu disulap menjadi tempat isolasi dan diresmikan oleh Bupati Kudus HM Hartopo pada Rabu (16/6/2021)

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS – Universitas Muhammadiyah Kudus (Umku) membuka Pesantren Covid-19 Shelter Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) di Jalan Ganesha 1, Purwosari Kecamatan Kota, Kudus.

Bangunan yang semual asrama itu disulap menjadi tempat isolasi dan diresmikan oleh Bupati Kudus HM Hartopo pada Rabu (16/6/2021).

Bangunan yang terdiri atas 16 kamar dan mampu menampung 32 orang tersebut digunakan sebagai tempat isolasi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Rektor Umku, Rusnoto, mengatakan, pihaknya memilih menamainya pesantren supaya warga diisolasi tidak merasa tertekan karena sebagai penderita Covid-19, melainkan lebih sebagai santri. Sebab, bagi warga yang menjalani isolasi akan mendapat bimbingan rohani.

“Di sini akan dibimbing kegiatan rohaninya, dan kedisiplinan kegiatannya. Maka lebih senang menggunakan istilah pesantren,” ujar Rusnoto.

Rusnoto menjamin ada tenaga kesehatan yang berjaga selama 24 jam. Setiap hari, katanya, ada tiga sif tenaga kesehatan yang berjaga di sana. Masing-masing sif terdapat enam tenaga kesehatan.

“Tenaga kesehatan itu dari RS Aisyiyah Kudus dan Klinik Asyifa Janggalan dan Undaan,” ujarnya.

Selain tenaga kesehatan, ada relawan siap berjaga selama 24 jam. Relawan tersebut akan melaporkan  terjadi kondisi darurat yang menimpa warga isolasi.

“Relawan akan melaporkan ketika ada sesuatu nanti video call RS. Jika perlu penanganan RS ambulans sudah siap,” kata dia.

Jaminan ketersediaan makan di pesantren Covid-19, kata Rusnoto, akan disiapkan oleh pihaknya kerja sama dengan Muhammadiyah, Lazismu, dan rumah sakit. Kalaupun ada warga yang akan membantu, tentu pihaknya akan segera mengumumkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved