Breaking News:

Penanganan Corona

Keren, Desa Traju di Kabupaten Tegal Sejak Awal Covid-19 Selalu Zona Hijau, Berikut Rahasianya

Adapun Desa yang dimaksud yaitu Desa Traju, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Camat Bumijawa Susworo, saat ditemui Tribunjateng.com belum lama ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Di tengah kasus Covid-19 yang kembali melonjak pasca libur lebaran, namun ada satu Desa yang berlokasi di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal sampai saat ini tetap berstatus zona hijau bahkan sejak awal pandemi melanda Kabupaten Tegal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Camat Bumijawa Susworo, pada Tribunjateng.com belum lama ini.

Adapun Desa yang dimaksud yaitu Desa Traju, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Desa yang bisa dikatakan kecil dan jauh dari pusat Kecamatan Bumijawa sekitar 7 kilometer ini memiliki jumlah penduduk tidak terlalu banyak hanya sekitar 4 ribu jiwa.

Meski lokasinya jauh dari keramaian atau perkotaan, namun warga Desa Traju cukup disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama Satgas Jogo Tonggo nya yang sangat aktif.

"Perlu saya informasikan di Kecamatan Bumijawa ada 18 Desa, dan sampai detik ini alhamdulillah ada satu desa yang sejak awal adanya pandemi Covid-19 masuk zona hijau yaitu Desa Traju. Apa rahasianya? Karena kesadaran warganya sangat tinggi terlebih satgas Jogo Tonggo nya yang selalu aktif menyosialisasikan tentang Covid-19," jelas Susworo.

Tidak hanya Satgas Jogo Tonggo yang aktif, tapi kesadaran warga terhadap kesehatan utamanya menerapkan prokes 5M juga sangat tinggi.

Warga Desa Traju disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Inilah salah satu alasan yang menurut Susworo sangat ampuh membuat Desa Traju bisa mempertahankan wilayahnya selalu zona hijau.

"Meski lokasi Desa nya jauh dari mana-mana, namun warganya cukup disiplin menerapkan prokes. Sehingga Desa Traju ini bisa saya sebut sebagai pilot project di Kecamatan Bumijawa," tuturnya.

Membahas mengenai perkembangan Covid-19 di Kecamatan Bumijawa, Susworo menyebut dari 18 Desa ada empat desa yang masuk zona merah yaitu Desa Cawitali, Desa Bumijawa, Desa Sigedong, dan Desa Batumirah.

Sedangkan 13 Desa lainnya masuk zona kuning dan satu desa yaitu Desa Traju masuk zona hijau.

"Sampai saat ini total keseluruhan kasus Covid-19 di Kecamatan Bumijawa sebanyak 191 orang. Kebanyakan sudah pada sembuh atau dinyatakan negatif. Sedangkan untuk yang meninggal dunia ada 9 orang," pungkasnya. (dta)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved