Breaking News:

Berita Banjarnegara

Kreatif, Alat Cuci Tangan Buatan RSI Banjarnegara Keluarkan Sabun Tanpa Sentuhan

Alat cuci tangan dengan sabun jadi sarana penting pendukung prokes untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Alat cuci tangan tanpa sentuh inovasi RSI Banjarnegara. 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Alat cuci tangan dengan sabun jadi sarana penting pendukung protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid 19. Sarana itu biasa diletakkan di tempat-tempat umum lengkap dengan handsoap.

Alat cuci tangan tanpa sentuh inovasi RSI Banjarnegara
Alat cuci tangan tanpa sentuh inovasi RSI Banjarnegara (Tribun Jateng/Khoirul Muzaki)

Tetapi benda yang mengeluarkan sabun ketika dipencet itu justru rawan jadi sumber penularan virus, karena disentuh banyak tangan.  Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara punya inovasi untuk mengatasi persoalan itu. 

Tim IT RSI berhasil menyulap barang bekas menjadi sebuah alat cuci tangan. Menariknya, tanpa disentuh atau ditekan, alat ini mampu mengeluarkan sabun dalam bentuk buih (foam).  

Alat ini rencananya diberi label Banjarnegara Islamic Hospital (BIH) Infrared Handsoap. 

Menurut Direktur RSI dr Agus Ujianto, tim IT RSI butuh waktu kurang lebih satu bulan untuk membuat alat itu, mulai dari mencuatnya ide, pengumpulan bahan, assembling, hingga barang jadi. 

Anggota tim IT RSI Basuki mengatakan timnya awalnya berfikir bagaimana memanfaatkan sejumlah barang bekas di sekitarnya agar bermanfaat. Hingga tercetus sebuah alat untuk mengeluarkan sabun berbentuk foam.

Bahan untuk membuat alat itu sebagian besar dari barang bekas. Mulai  rotor bekas CD room, selang bekas infus printer, tempat sabun, botol bekas, hingga batere bekas. 

"Yang harus beli hanya sensor processornya," katanya, Kamis (17/6/2021)

Alat itu pun memiliki sejumlah keunggulan, yakni mudah dipindahkan, waterproof, tanpa sentuh, sumber daya batere awet karena sekali isi bisa digunakan sampai dua hari. 

Selain itu, sabun yang dihasilkan berbentuk foam lembut di tangan, dan tidak menyebabkan kulit kering.   Sabun yang digunakan bisa berbentuk sabun cair atau sabun batang yang ditumbuk dan dihaluskan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved