Breaking News:

Berita Pati

89 Karyawan Pabrik Dua Kelinci Pati Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Sebanyak 89 karyawan Pabrik PT Dua Kelinci di Pati telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Istimewa
Sejumlah karyawan PT Dua Kelinci Pati menjalani isolasi di tempat karantina yang disediakan perusahaan. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sebanyak 89 karyawan Pabrik PT Dua Kelinci di Pati telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Sebelumnya, dari total 5.214 karyawan Dua Kelinci, 13 persen atau 652 orang di antaranya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Namun, kebanyakan merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) atau gejala ringan saja, sehingga hanya butuh isolasi mandiri. 

Hanya dua orang yang dirawat di rumah sakit. Itu pun kondisinya sudah membaik. Selebihnya isolasi mandiri di rumah dan di tempat karantina yang disediakan perusahaan di lingkungan pabrik.

Ratusan karyawan tersebut diketahui terpapar covid-19 setelah pihak perusahaan melakukan tes swab antigen pada seluruh karyawan.

Tak hanya itu, perusahaan juga memfasilitasi swab para pedagang lapak pasar tiban yang berada di sebelah pabrik. 

Perwakilan Tim Siaga Covid Dua Kelinci Tofan Rudiyanto menjelaskan, saat ini masih tersisa 539 karyawan yang isolasi mandiri di rumah, 22 karyawan isolasi mandiri di tempat yang disediakan perusahaan, dan dua karyawan dirawat di rumah sakit.

"Jadi karyawan yang (aktif) bekerja sejumlah 4.500-an orang. Kami pastikan mereka negatif Covid-19 berdasarkan swab antigen. Ini untuk memberikan kepastian kepada mereka. Agar mereka merasa aman dan tenang dalam bekerja di pabrik. Karena teman-temannya sudah dinyatakan negatif covid,” kata dia.

Tofan menyebut, prosedur swab antigen ini telah dilakukan perusahaan sejak awal masuk kerja pascalebaran Idulfitri lalu. Terlebih, sebagian karyawan Dua Kelinci berasal dari Kudus. Seperti diketahui bersama Kudus mengalami lonjakan kasus Covid-19 pascalebaran lalu.

Selain mengadakan tes swab terukur pada seluruh karyawan, perusahaan juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan pabrik setiap hari.  

“Karyawan yang saat ini karantina juga selalu dipantau kesehatannya oleh Tim Siaga Covid-19 Dua Kelinci. Mereka juga diberi paket obat senilai Rp 600 ribu per orang dan diberi bantuan sembako,” kata dia. 

Tofan menambahkan, ribuan karyawan yang negatif Covid-19 saat ini masih bisa bekerja secara shift.

Dalam satu shift jumlah karyawan yang bekerja hanya 30% persen dari kapasitas pabrik biasanya. Mereka dipastikan bekerja dengan penerapan protokol kesehatan.

Sebelum masuk ke ruang kerja mereka wajib cuci tangan dan tes suhu badan. Mereka juga diwajibkan mengenakan masker dan menjaga jarak ketika berada di ruang kerja. 

Manajemen Dua Kelinci menjamin produk mereka tetap aman karena proses produksi mereka sudah mekanis atau menggunakan mesin berteknologi tinggi, sementara SDM hanya sebagai operator. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved