Berita Viral

Tangis Ibu Calon TKW yang Lompat dari Gedung: Saya Kira Mau Lari Pakai Kaki, Ternyata. . .

Fauziah merupakan salah satu calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang akan dikirimkan ke Singapura

Editor: muslimah
KOMPAS.COM/IDHAM KHALID
Munisah saat menunjukkan foto anaknya Fauziah yang dirawat di RS Malang 

TRIBUNJATENG.COM - 5 calon TKW melarikan diri dengn cara lompat dari gedung setinggi 15 meter.

Ini pengakuan seorang diantaranya melalui sang ibu.

Munisah tak kuasa menahan tangis mendengar cerita anaknya Fauziah yang kabur dengan melompat dari Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Luar Negeri, Central Karya Semesta, Malang, Jawa Timur setinggi 15 meter.

Fauziah merupakan salah satu calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang akan dikirimkan ke Singapura, namun karena tidak betah menerima perlakuan saat berada di tempat latihan, sehingga Fauziah berencana kabur bersama beberapa teman lainnya.

Munisah menuturkan, bahwa sebelum anaknya kabur, Fauziah sempat menelepon untuk memberitahukan niatnya untuk kabur.

"Sebelum dia (Fauziah) kabur itu, dia sempat nelpon, katanya 'ibu-ibu saya mau lari (kabur), terus saya bilang jangan-jangan'," kata Munisah, saat ditemui di rumahnya yang berada di Desa Labulie, Lombok Tengah, Jumat (18/6/2021).

Munisah mengatakan, saat itu ia mendengarkan alasan Fauziah inging kabur, karena tidak mendapatkan pelayanan yang baik, seperti jarang dikasih makan.

"Katanya dia tidak betah, karena makannya hanya sedikit dikasih sarapan hanya pakai kolak, terus katanya tidak dikasih ke luar, sangat ketat, dan handphone-nya sering disita," kata Munisah sambil berlinang air mata.

Walaupun belum diceritakan banyak soal apa yang terjadi di dalam BLK oleh Fauziah, Munisah meyakini ada perlakuan yang tidak baik terhadap putrinya sehingga terpaksa harus nekat loncat dari lantai dengan ketinggian 15 meter.

"Saya kira waktu itu, dia akan lari (kabur) itu pakai kaki, lari-lari, ternyata dia loncat dari gedung," kata Munisah, sambil memperagakan membayangkan anaknya jatuh dari gedung.  

Ia sangat merindukan putrinya itu, namun karena keterbatasan uang, ia tidak bisa menjenguk anaknya itu dan hanya bisa dijenguk suaminya.

"Saya pingin sekali lihat dia, tapi tidak punya uang, itupun kemarin keberangkatan bapaknya dapat ngutang," kata Munisah.

Sementara Fauziah mengalami patah tulang akibat loncat dari gedung tersebut, dan saat ini masih di rawat intensif di rumah sakit.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 5 orang termasuk Fauziah nekad loncat dari gedung tersebut di Jalan Rajasa Bumiayu, Kota Malang, pada Rabu (9/6/2021)

Aksi ke 5 calon TKW tersebut menghebohkan masyarakat yang saat itu menemukan mereka dalam keadaan terluka. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Munisah Menangis, Anaknya yang Menjadi Calon TKW Loncat dari Gedung Setinggi 15 Meter

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved