Breaking News:

Pengusaha Dubai Kepincut Pupuk Cair Organik Tinja Sapi Bikinan Orang Batang

Sudah sejak tahun 2010, Turjangun warga Desa Amongrogo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang merintis bisnis pupuk organik cair.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Dina Indriani
Pekerja sedang mengemas pupuk cair di industri milik Turjangun do Desa Amongrogo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Minggu (20/6/2021) 

Penulis : Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Sudah sejak tahun 2010, Turjangun warga Desa Amongrogo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang merintis bisnis pupuk organik cair.

Berawal dari rasa kepeduliannya terhadap lingkungan dan banyaknya limbah di sekitar tempat tinggal dengan racikan formula khusus yang dia buat, Turjangun berhasil membuat pupuk organik cair.

Selain itu, dia ingin agar limbah tersebut tak mencemari lingkungan tetapi juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

"Karena di sini banyak kotoran sapi, dan saya mulai belajar untuk kotoran itu agar bisa termanfaatkan, alhamdulillah setelah beberapa kali mencoba akhirnya bisa berhasil membuat formula yang pas untuk bisa mendapatkan pupuk yang bagus," tuturnya, Minggu (20/6/2021).

Berkat usaha, keuletan dan ketekunannya bersama sang istri, Pujianah pupuk organik yang diberi nama Tabur Mas itu kini telah merambah ke seluruh daerah di Indonesia bahkan saat ini sudah dilirik oleh pengusaha asal Dubai.

"Alhamduliah kalau pasaran sudah ke semua daerah di Indonesia, reseller kami pun sudah ada di tiap daerah. Selain itu juga ada dari perusahaan lain yang membeli pupuk curah dari produksi kami."

"Untuk saat ini kami juga tengah proses menjalin kerjasama dengan konsumen dari Dubai, masih proses administrasi perijinannya, dan semoga lancar produk bisa segera kami kirim," jelasnya.

Tabur Mas sendiri dipasarkan dengan harga mulai Rp 75 Ribu per botol ukuran 1 liter untuk daerah Jawa. 

Sedangkan di luar Jawa dipasarkan mulai Rp 90 Ribu hingga Rp 100 Ribu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved