Breaking News:

DPRD Kendal Fasilitasi Pengaduan para Pelaku Jasa Kontruksi

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal menerima audiensi para pelaku jasa kontruksi di Kabupaten Kendal.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
istimewa
Audiensi Forum Jasa Konstruksi Kendal (Forjasken) dengan DPRD Kendal tentang adanya dugaan permainan dalam lelang sejumlah tender proyek, Senin (21/6/2021). 

Penulis: Saiful Masum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal menerima audiensi para pelaku jasa kontruksi di Kabupaten Kendal.

Sebanyak 10 asosiasi yang tergabung dalam Forum Jasa Konstruksi Kendal (Forjasken) mengadu kepada dewan tentang adanya dugaan permainan dalam lelang sejumlah tender proyek yang dilakukan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Kendal.

Mereka terdiri dari Aspertanas, Aklindo, Gakindo, Apaksindo, Gadkindo, Hipsindo, Aspeknas, Gapeksindo, Gapeknas dan Gapesi mengadu langsung kepada Ketua DPRD Muhammad Makmun dan Komisi C pada, Senin (21/6/21). 

Dalam aduannya, koordinator Forjasken, Sugiharto Jaya mengatakan, para pengusaha jasa konstruksi menduga adanya permainan lelang oleh Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) pada anggaran tahun 2021. 

Mereka menduga adanya indikasi pengaturan dan pengkondisian yang dilakukan beberapa pihak untuk memenangkan penyedia jasa tertentu.

Dengan jumlah laporan yang diterima mencapai 30-40 proyek.

Pihaknya juga menduga, banyak kontraktor yang dinilai tidak layak secara prosedural, justru menjadi pemenang sejumlah tender. Dugaan lain, adanya praktek monopoli pembelian material konstruksi dan alat antara UKBJ dengan penyedia jasa dan perusahaan penyedia alat. 

"Masalah lain, kami mengalami kendala saat mau upload penawaran ternyata internet mati, saat bisa dibuka sudah menjelang penutupan. Kalau seperti ini, bagaimana bisa melakukan penawaran," terangnya.

Adanya dugaan oknum yang bermain membuat Forjasken geram dan meminta dewan membantu untuk meluruskan permasalahan yang ada. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved