Breaking News:

Kota Pekalongan Gawat Darurat Corona, Wali Kota: BOR di RS Sudah Penuh

Jumlah kasus Covid-19 di Kota Pekalongan dalam beberapa hari belakangan ini mengalami peningkatan.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: Daniel Ari Purnomo

Penulis : Indra Dwi Purnomo

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Jumlah kasus Covid-19 di Kota Pekalongan dalam beberapa hari belakangan ini mengalami peningkatan.

Kondisi ini membuat Bed Occupancy Rate (BOR) ruang isolasi Covid-19 di RSUD Bendan dan rumah sakit swasta di Kota Pekalongan sudah penuh.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, Senin (21/6/2021) siang.

"Ketersediaan tempat tidur atau bed di rumah sakit yang ada di Kota Pekalongan ini sudah masuk gawat darurat betul."

"Ruang isolasi Covid-19 di RSUD Bendan dengan kapasitas tempat tidur 26 bed sudah penuh. Lalu masih ada 10 pasien Covid-19 masih ada di ruang IGD, belum bisa dirawat di tempat penanganan atau ruang isolasi covid," kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid kepada Tribunjateng.com.

Menurutnya, selain di RSUD Bendan rumah sakit swasta yang ada di Kota Pekalongan juga penuh dan ini keadaannya sama di rumah sakit yang ada di Jawa Tengah.

"Kami juga merujuk satu pasien Covid-19 ke luar kota. Informasi yang di terima di BOR yang masih ada di Brebes, kalau di seputar kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang semuanya sudah full," ujarnya.

Adanya lonjakan kasus, pihaknya berencana akan menambah lagi bed di rumah sakit.

"Kita sudah bicara dengan pak gubernur tadi waktu vicon, kita tetap akan melakukan penambahan bed. Apabila memungkinkan, di ruang isolasi mandiri di pusdiklat, kalau sangat terpaksa kita akan jadikan rumah sakit darurat Covid-19," imbuhnya.

Oleh karena itu, Aaf panggilan akrabnya Wali Kota Pekalongan menekankan kepada seluruh masyarakat Kota Pekalongan untuk betul-betul menjaga protokol kesehatan secara ketat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

"Saya minta tolong dan tolong kepada masyarakat Kota Pekalongan untuk betul-betul untuk melaksanakan protokol kesehatan," tandasnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan melalui data corona Pekalongan Kota tercatat jumlah warga yang terpapar Covid-19 berjumlah 2.779 orang, di antaranya 28 orang dirawat, 194 orang isolasi mandiri, 2.403 orang sembuh, dan 154 orang meninggal dunia. (Dro)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved