Breaking News:

Kuota Ranjang Pasien di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Karanganyar 58 Persen

BOR atau tempat tidur (TT) pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan di Kabupaten Karanganyar mengalami peningkatan menjadi sebesar 58 persen.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Video conference bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di SIC Setda Karanganyar, Senin (21/6/2021). 

Penulis: Agus Iswadi.
TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - BOR atau tempat tidur (TT) pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan di Kabupaten Karanganyar mengalami peningkatan menjadi sebesar 58 persen. 

Sebelumnya, BOR rumah sakit rujukan di wilayah Kabupaten Karanganyar sebesar 42 persen setelah adanya penambahan TT di dua rumah sakit rujukan lini tiga. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwati menyampaikan, total BOR di delapan rumah sakit rujukan baik lini dua dan tiga ada 300 TT. Dari jumlah itu sebagian telah terisi seiring adanya peningkatan kasus Covid-19 beberapa hari lalu. 

"BOR saat ini 58 persen. Kalau khusus RSUD Karanganyar 80 persen," katanya kepada Tribunjateng.com usai vidcon dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di SIC Setda Karanganyar, Senin (21/6/2021). 

Dari delapan rumah sakit rujukan yang terdiri dari RSUD Karanganyar, PKU Muhammadiyah, Jati Husada, Indo Sehat, Mojosongo 2, RSAU dr Siswanto Lanud Adi Soemarmo, Jafar Medika dan Dian Pertiwi, baru ada dua rumah sakit yang sudah menambah jumlah TT pasien Covid-19. 

Dua rumah sakit itu ialah Jati Husada dan PKU Muhammadiyah. Sedangkan RSUD Karanganyar yang merupakan rumah sakit rujukan lini dua masih dalam tahap persiapan. 

"RSUD ada rencana penambahan TT. Baru kita persiapan," ucapnya. 

Purwati menuturkan, tidak semua warga menjalani perawatan di rumah sakit rujukan wilayah Kabupaten Karanganyar. Sebagian terutama warga yang tinggal di Colomadu dan Gondangrejo kebanyakan memilih menjalani perawatan di rumah sakit wilayah Kota Solo karena lebih dekat. 

Dia mengungkapkan, adanya peningkatan BOR rumah sakit rujukan berbanding lurus dengan peningkatan kasus Covid-19 beberapa hari terkahir.

Berdasarkan data yang dihimpun dari DKK Karanganyar per Senin (21/6/2021), tercatat ada sebanyak 907 kasus aktif positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar. Dari jumlah itu 266 orang menjalani rawat inap dan 641 orang menjalani isolasi mandiri. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved