Breaking News:

Vaksinasi Covid 19

5 Kecamatan di Semarang Masuk Zona Rentan Covid, Pemkot Buka Pendaftaran Vaksin bagi Masyarakat Umum

Pemerintah Kota Semarang membuka pendaftaran layanan vaksinasi bagi masyarakat umum berusia 18 - 49 tahun yang tinggal di daerah rawan/rentan

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: muslimah
istimewa
Masyarakat wilayah barat Kota Semarang mengikuti proses vaksinasi di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Rabu (16/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang membuka pendaftaran layanan vaksinasi bagi masyarakat umum berusia 18 - 49 tahun yang tinggal di daerah rawan/rentan.

Daerah rawan yang dimaksud yakni daerah yang penyebaran kasus Covid-19 tergolong tinggi.

"Untuk masyarakat umum belum dibuka, kami prioritas yang usia di atas 50 tahun. Tapi, beberapa daerah yang rawan, kecamatan, kelurahan, atau RW yang warganya banyak kena Covid-19 boleh. Bahasanya, ini untuk zona orange," papar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Selasa (22/6/2021).

Wali kota yang akrab disapa Hendi tersebut menyampaikan, Kota Semarang baru saja mendapat tambahan vaksin sebanyak 100 ribu dosis atau setara untuk 50 ribu sasaran.

Diakuinya, jumlah itu masih belum mencukupi untuk membentuk herd imunity di ibu kota Jawa Tengah.

Hingga saat ini, warga yang sudah disuntik vaksin dosis dua baru mencapai sekitar 300 ribu sasaran. Penduduk Kota Semarang sendiri berjumlah 1,7 juta jiwa.

"Kalau 70 persennya berarti sekitar 1,1 juta warga yang jadi target supaya jadi herd imunity," ujarnya.

Pihaknya sangat memerlukan tambahan vaksin secara cepat.

Dari sisi fasilitas kesehatan (faskes) dan tenaga kesehatan (nakes), Kota Semarang sebenarnya memiliki kemampuan untuk memvaksin 3.000 warga per hari.

Senada dengan wali kota, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Moh Abdul Hakam mengatakan, kecamatan yang memiliki kasus Covid-19 tinggi akan masuk prioritas vaksinasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved