Breaking News:

Pendidikan

Ada Perubahan Cara Belajar Tiba-tiba, FKIP UKSW Salatiga Berikan Pelatihan Model Pembelajaran Baru

Perubahan cara belajar yang sangat tiba-tiba, membuat guru mengalami kesulitan dalam menyiapkan maupun melaksanakan pembelajaran.

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: moh anhar
ISTIMEWA
Logo UKSW 

FKIP UKSW Salatiga Berikan Pelatihan Model Pembelajaran Baru

Penulis: M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Sebanyak 30 peserta dari 14 sekolah berbagai jenjang yang berasal dari Salatiga, Surakarta, Yogyakarta, Wonogiri, Semarang, Brebes dan Sragen mengikuti kegiatan “Pelatihan Pembelajaran Daring Inovatif Berbasis 3CM Learning” secara online.

Kegiatan yang masih akan berlangsung sampai 24 Juni mendatang ini diselenggarakan oleh 3 CM Center Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Baca juga: Salut, Tim Elang Tak Cuma Nangkap Penjahat, Temukan Gelandangan di Selokan, Lalu Dimandikan

Baca juga: Keong Putranya Terbunuh, Ngatini Ingat Kejadian di Bulan April: Kok Kejam Ya Para Pelaku

3CM Center adalah Pusat Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran dengan mengusung konsep belajar cool-critical-creative-meaningful (asik-kritis-kreatif-bermakna).

Ke-14 sekolah tersebut adalah SMK Kristen 1 Surakarta, SMP Kristen Satya Wacana Salatiga, SMK Giri Wacana Eromoko Wonogiri, SMP Negeri 1 Salatiga, SMA Kristen 1 Metro Lampung, SD Masehi Semarang, SMA Kristen Purwodadi, SMP Kristen 1 Surakarta, SMP BOPKRI 3 Yogyakarta, SD Kristen Sragen, SDN Jabungan, SDI Al Azhar 25 Semarang, SD Negeri Limbangan Kulon 01 Brebes, SD Negeri 1 Karyamukti Kota Banjar.

Ketua 3CM Center Dr. Wahyudi menuturkan perubahan cara belajar yang sangat tiba-tiba, membuat guru mengalami kesulitan dalam menyiapkan maupun melaksanakan pembelajaran.

Kemampuan merencanakan pembelajaran daring masih menjadi kendala bagi guru dan sekolah.

"Belum lagi tuntutan pembelajaran yang harus berorientasi pada peserta didik dengan aktivitas kritis, kreatif, kolaborasi dan juga komunikasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Hal ini menjadi tantangan bagi guru dan sekolah untuk terus meng-upgrade diri, melihat segala kemungkinan, mencari solusi dan berinovasi. Di sinilah 3CM Center hadir untuk memberikan wacana baru pembelajaran daring dan memberikan pendampingan untuk guru, sekolah dan juga peserta didik" terangnya dalam rilis kepada Tribunjateng.com, Selasa (22/6/2021)

Wakil Dekan FKIP UKSW tersebut menyampaikan, pelatihan diberikan dalam bentuk rangkaian kegiatan yang terdiri dari webinar, virtual workshop, bimbingan kelompok online, peer teaching dan uji coba terbatas kelas daring.

Dari pelatihan ini diharapkan tercipta model belajar yang asik, menyenangkan, menantang dan memberi peluang kepada peserta didik untuk tetap kritis dan kreatif, serta mengembangkan karakter baik.

Baca juga: Optimistis Capai Target, Disperindagkop Batang Sasar 300 Pedagang Tervaksin Per Hari

Baca juga: PTM di Kabupaten Tegal, Kepala Dinas Pendidikan: Kami Pantau Status Zona Merah Wilayah

Kegiatan ini disambut baik oleh Dekan FKIP UKSW Herry Sanoto. Dikatakannya, FKIP melalui 3CM Center diharapkan terus dapat melatih banyak guru lagi ke depan.

“Pada tahap pertama ini dibatasi 30 orang dahulu sebagai pionir penerima inovasi, dengan harapan dapat lebih maksimal dan memberi warna baru pendidikan. Saat ini sudah ada 237 guru yang mendaftar untuk mengikuti tahap selanjutnya. Semoga kegiatan ini dapat menjadi berkat dan memberikan layanan pendidikan yang baik bagi peserta didik selama pandemi dan pasca Covid-19,” imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved