Breaking News:

UKSW Salatiga

FKIP UKSW Salatiga Gelar Simposium Nasional Refleksi Pembelajaran di Masa Pandemi

FKIP UKSW bermaksud untuk merumuskan strategi peningkatan kualitas pendidikan menuju penerapan habitus baru dalam penyelenggaraan pendidikan,

Editor: abduh imanulhaq
IST
FKIP UKSW Gelar Simposium Nasional Refleksi Pembelajaran di Masa Pandemi 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA -

Kondisi pandemi Covid-19 menciptakan persoalan pendidikan mulai dari tingkat pendidikan dasar, menengah bahkan di pendidikan tinggi.

Pandemi yang telah terjadi selama satu tahun terakhir dirasa menjadi momentum bagi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) untuk merefleksikan persoalan pendidikan di berbagai jenjang pendidikan tersebut.

Menjawab persoalan tersebut, FKIP UKSW menginisiasi sebuah simposium berkolaborasi dengan berbagai universitas, asosiasi profesi, serta praktisi untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan berkualitas dan setara dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Kegiatan bertajuk “Refleksi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Dan Strategi Menuju Habitus Baru”, digelar selama tiga hari sejak Rabu hingga Jumat (2-4/6) melalui platform zoom meeting.

Koordinator Simposium FKIP UKSW, Galuh Ambar Sasi, M.A., menuturkan FKIP UKSW bermaksud untuk merumuskan strategi peningkatan kualitas pendidikan menuju penerapan habitus baru dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya di aras FKIP UKSW.

Menggandeng Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Institut Santi Bhuana (ISB) Kabupaten Bengkayang serta sejumlah asosiasi pendidikan di antaranya HDPGSD, ISPI Jateng, dan ASPROPENDO, dijelaskan Galuh simposium ini merefleksikan tentang konsep dan implementasi kegiatan merdeka belajar di tingkat pendidikan di sekolah dasar, merefleksikan pembelajaran STEM dan abad ke-21 di jenjang pendidikan menengah, serta merefleksikan pembelajaran daring di perguruan tinggi, khususnya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Tingkatkan mutu

“Total delapan pembicara hadir dalam rangkaian simposium ini untuk memberikan perspektif sesuai dengan kepakarannya di antaranya Dr. Adrianus Asia Sidot, M.Si. Komisi X DPR RI dan Dr. Kardoyo, M.Pd. dari Universitas Negeri Semarang. Simposium ini sekaligus menjadi agenda refleksi bersama untuk merumuskan dan rekayasa strategi peningkatan mutu pembelajaran menuju habitus baru dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi khususnya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan,” imbuh Galuh.

Dekan FKIP UKSW Herry Sanoto, S.Si, M.Pd., mengatakan bahwa bahasan mengenai refleksi pembelajaran di masa pandemi tentu akan banyak memunculkan ide dan gagasan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved