Breaking News:

Berita Pati

Enam Desa di Pati akan Gelar Pilkades Antarwaktu pada 3 Juli Mendatang

Enam desa di Kabupaten Pati akan menggelar Pilkades Antar Waktu (PAW) pada 3 Juli 2021 mendatang. 

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Kasubbag Bina Pemerintahan Desa pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pati Fendy Eko Sulistianto. 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Enam desa di Kabupaten Pati akan menggelar Pilkades Antar Waktu (PAW) pada 3 Juli 2021 mendatang. 

Untuk diketahui, PAW digelar apabila kepala desa sebelumnya berhenti/diberhentikan dengan sisa masa jabatan lebih dari satu tahun.

Kasubbag Bina Pemerintahan Desa pada Sekretariat Daerah Kabupaten Pati Fendy Eko Sulistianto mengungkapkan, saat ini proses PAW telah memasuki tahap penelitian berkas bakal calon. 

Adapun enam desa yang menggelar PAW ialah Desa Pakis Kecamatan Tayu, Desa Tegalarum Kecamatan Margoyoso, Desa Bageng Kecamatan Gembong, Desa Tanjang Kecamatan Gabus, serta Desa Margomulyo dan Bumirejo Kecamatan Juwana.  

Setelah penelitian berkas, proses dilanjutkan dengan penetapan calon kades. Ketentuannya, paling sedikit dua calon dan paling banyak tiga calon. Jika calon lebih dari tiga, akan dilakukan ujian tertulis. 

"Mekanisme pengesahan kepala desa antar waktu adalah musyawarah mufakat atau pemungutan suara. Penetapan calon kepala desa terpilih dilakukan hari itu juga. Adapun yang hadir adalah BPD, panitia pilkades antar waktu, panitia pengawas kecamatan, penjabat kepala desa, perangkat desa, pengurus lembaga kemasyarakat desa yang terdiri dari ketua dan sekretaris, calon kepala desa antar waktu, dan unsur tokoh masyarakat," jelas Fendy, Rabu (23/6/2021).

Ketentuan tersebut diatur dalam Peraturan Bupati Pati nomor 88 tahun 2020.

Fendy menambahkan, seharusnya ada satu desa lagi yang menggelar Pilkades antar waktu, yaitu Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti.

Hal ini lantaran kepala desa setempat meninggal dunia pada 17 Juni 2021.
Sisa jabatan yang bersangkutan masih sampai dengan 2026.

"Namun, desa tersebut tidak bisa ikut PAW saat ini karena tahapan sudah berjalan. Nanti akan dilaksanakan terpisah," papar dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved