Breaking News:

Berita Banyumas

Kader PKK Banyumas Berlatih Teknologi Informasi, Kenalkan Aplikasi SIM PKK

TP-PKK Banyumas gelar pelatihan IT bagi Pengurus PKK Kabupaten, Sekretaris PKK Kec., desa dan kelurahan.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: sujarwo
Istimewa
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Kabupaten Banyumas saat mengelar pelatihan Teknologi Informasi (IT) bagi Pengurus PKK Kabupaten, Sekretaris PKK Kecamatan dan Sekretaris PKK desa dan kelurahan, Rabu (23/6/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banyumas mengelar pelatihan Teknologi Informasi (IT) bagi Pengurus PKK Kabupaten, Sekretaris PKK Kecamatan dan Sekretaris PKK desa dan kelurahan, Rabu (23/6/2021).

Kegiatan itu melibatkan 378 pengurus yang dilaksanakan secara be

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Kabupaten Banyumas saat mengelar pelatihan Teknologi Informasi (IT) bagi Pengurus PKK Kabupaten, Sekretaris PKK Kecamatan dan Sekretaris PKK desa dan kelurahan, Rabu (23/6/2021).
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Kabupaten Banyumas saat mengelar pelatihan Teknologi Informasi (IT) bagi Pengurus PKK Kabupaten, Sekretaris PKK Kecamatan dan Sekretaris PKK desa dan kelurahan, Rabu (23/6/2021). (Istimewa)

rtahap menjadi 7 angkatan dilaksanakan hingga 24 Juni 2021.

Ketua TP- PKK, Erna Sulistyawati Husein, mengatakan pelatihan teknologi informasi bertujuan agar kader PKK khususnya sekretaris Tim Penggerak PKK dari berbagai tingkatan, dapat menguasai teknologi informasi yang terus berkembang.

Sehingga. PKK di semua tingkatan mempunyai akses dan mendapatkan informasi melalui teknologi.  Supaya nantinya data dapat cepat tersaji memalui Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK secara akurat dan informasi dapat cepat tersebar melalui media sosial.

Menurut Erna, kegiatan ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19.  Tahun 2020, yang direncanakan dilaksanakan secara Virtual. 

Namun dirasa tidak bisa maksimal pelaksanaannya, karena masih banyak desa yang tidak bisa diakses dengan Internet dan banyak form-form yang harus diisi. Sehingga perlu digelar secara tatap muka dan dilaksanakan secara bertahan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Pelatihan teknologi informasi bagi sekretaris atau kader PKK yang ditunjuk, sebagai proses pengumpulan data secara sistematis sehingga menghasilkan suatu informasi management (SIM PKK) dasar dalam proses pengambilan keputusan," katanya kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis. 

Karena itu dirinya berharap SIM PKK, nantinya mampu memberi data keberadaan dan kondisi masyarakat serta semua sarana dan prasarana yang ada secara cepat, tepat, akurat.

"Penyediaan data inilah merupakan salah satu tugas Kader PKK yang ada ditingkat bawah.  SIM PKK merupakan salah satu aplikasi terintegrasi dari pemerintah desa hingga kabupaten dalam menerima informasi yang akurat dari tingkat bawah," tambahnya. 

Onis Purwito, sekretaris panitia, menjelaskan bahwa pelatihan dibagi menjadi 7 angkatan digelar terkahir hari ini 24 Juni. 

Panitia menghadirkan narasumber dari Diskominfo Kabupaten Banyumas dan STIKOM Yos Sudarso Purwokerto.

"Materi yang disampaikan antara lain Sistem Informasi Management PKK, cara menginput aplikasi PKK dan cara mengoperasikan sosial media," ungkapnya. (*) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved