Breaking News:

Semua Kades di Karanganyar Diminta Siapkan Lokasi Isolasi Terpusat Tiap Desa

Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar meminta kepada setiap kecamatan dan desa menyediakan tempat isolasi terpusat.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Petugas hendak memasang MMT di tempat isolasi terpusat di Kantor Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Rabu (23/6/2021).  

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar meminta kepada setiap kecamatan dan desa menyediakan tempat isolasi terpusat untuk warganya yang mengalami kendala dalam menjalani isolasi mandiri.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar per Rabu (23/6/2021), tercatat ada sebanyak 995 kasus aktif positif Covid-19. Dari jumlah tersebut 292 orang menjalani rawat inap dan sisanya 703 orang menjalani isolasi mandiri.

Plt Kepala DKK Karanganyar, Purwati menyampaikan, kasus penyebaran Covid-19 di Karanganyar didominasi kontak erat keluarga. Sehingga berdampak terhadap peningkatan jumlah warga yang menjalani isolasi mandiri. 

"Adanya tempat isolasi mandiri terpusat supaya warga yang mengalami kendala atau rumahnya tidak memungkinkan untuk isolasi dapat menjalani di isolasi terpusat," katanya dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Setda Karanganyar, Tribunjateng.com, Kamis (24/6/2021). 

Kalakhar BPBD Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto mengatakan, kecamatan dan desa telah diminta untuk menyediakan tempat isolasi terpusat di wilayah masing-masing.

"Semua camat rata-rata sudah siap. Termasuk penataan dan fasilitas. Nanti kita inventaris dan dilaporkan kepada bupati," ucapnya. 

Selain itu, tempat isolasi terpusat tingkat kabupaten di BLK Karangpandan juga disiapkan manakala ada lonjakan kasus. Dia menuturkan, semua desa sudah persiapan menyediakan tempat isolasi terpusat, selain memanfaatkan balai desa ada juga yang menggunakan rumah penduduk. 

Terpisah, Camat Tawangmangu, Rusdiyanto menjelaskan, Satgas Covid-19 telah menyiapkan satu tempat isolasi terpusat di kantor kecamatan. Lengkap dengan fasilitas MCK dan logistik. Di samping pemerintah desa dan kelurahan juga menyiapkan tempat isolasi terpusat

"Kami njagani sek ngeyel-ngeyel. Ora tertib dikasih ke kecamatan. Kapasitas ada 8 tempat tidur. Nanti pendopo juga bisa dimanfaatkan," terangnya. 

Dia mengungkapkan, apabila pihak desa atau kelurahan kewalahan untuk menampung warga yang isolasi mandiri dapat dikirim ke Kantor Kecamatan Tawangmangu. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved