Breaking News:

Berita Pendidikan

Disdikbud Jateng Luncurkan Aplikasi Stefa, Tempat Jualan Produk Teaching Factory Siswa SMK

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Teaching Factory (Stefa)

Penulis: m zaenal arifin | Editor: muslimah
Istimewa
Plt Kepala Disdikbud Jawa Tengah, Hari Wulyanto (kiri) bersama Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Irianto Harjo Saputro (tengah), dalam peluncuran aplikasi Stefa secara daring di SMKN 6 Semarang, Kamis (24/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Teaching Factory (Stefa) secara daring di Aula SMK Negeri 6 Semarang, Kamis (24/6/2021).

Aplikasi Stefa tersebut tak ubahnya sebuah marketplace yang digunakan untuk memasarkan secara online berbagai produk hasil siswa SMK. Pasalnya, selama ini para siswa SMK di Jawa Tengah mengalami kendala dalam hal pemasaran produk hasil dari teaching factory.

"Dari survei awal kita, siswa SMK ada kesulitan untuk meningkatkan pemasaran produk hasil dari teaching factory. Kemudian kita berpikir bagaimana membantu agar mereka dapat meningkatkan pemasaran yang luas yaitu dengan cara dibuatkan sistem aplikasi yang bentuknya marketplace," kata Plt Kepala Disdikbud Jawa Tengah, Hari Wulyanto.

Dengan aplikasi Stefa tersebut, kata Hari, berbagai produk yang dihasilkan siswa SMK di Jawa Tengah nantinya diunggah agar diketahui masyarakat luas. Jika tertarik, masyarakat bisa langsung melakukan transaksi dengan SMK bersangkutan.

Dengan adanya aplikasi Stefa tersebut, Disdikbud Jawa Tengah dapat meningkatkan pembinaan bagi teaching factory di SMK. Sekaligus sebagai bentuk komitmen guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

"Setelah tahapan aplikasi jadi, kemudian dikembangkan dan dimanfaatkan SMK-SMK di Jateng. Setelah itu, kita akan meningkatkan kualitas mulai dari produk dan packaging bekerjasama dengan Bank Jateng untuk proses bisnisnya. Sedangkan kami dalam tahap operatornya saja," jelasnya.

Ia berharap, aplikasi Stefa tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM SMK melalui berbagai produk yang sesuai kebutuhan masyarakat. Di antaranya produk tata boga, kuliner, tata busana, perhotelan, peternakan, pertanian, kerajinan dan lainnya.

Untuk tahap I ini, pihaknya akan menerapkan aplikasi Stefa pada 50 SMK dari total sekitar 1.500 SMK negeri dan swasta yang ada di Jawa Tengah. Secara bertahap, aplikasi Stefa akan disosialisasikan hingga seluruh SMK menggunakan aplikasi marketplace tersebut.

SMK yang sudah menerapkan aplikasi Stefa di antaranya SMKN 6 Semarang. Kepala SMKN 6 Semarang, Almiati mengatakan, pihaknya merasa terbantu dalam pemasaran produk hasil karya siswa.

"Selama ini siswa-siswa pintar membuat produk tapi kendala yang dialami itu di pemasarannya. Dengan adanya aplikasi Stefa ini, pemasaran tak hanya lingkungan sekitar tapi daerah lain juga bisa pesan," katanya.

Almiati berharap, aplikasi Stefa semakin meningkatkan soft skill para siswa sehingga ketika lulus nantinya, mereka terjun menjadi wirausaha.

"Dan setelah siswa lulus dan berwirausaha, kami berharap mereka juga bisa upload produk usahanya ke aplikasi tersebut," ucapnya. (Nal)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved