Breaking News:

Berita Sragen

Selama Pandemi Covid-19 Angka Kematian Ibu di Sragen Mengalami Kenaikan

Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan di Kabupaten Sragen mengalami kenaikan selama tiga tahun terakhir.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen Hargiyanto saat peringatan HUT IBI ke-70 di aula Sukowati Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Angka Kematian Ibu (AKI) ketika melahirkan di Kabupaten Sragen mengalami kenaikan selama tiga tahun terakhir. Kenaikan bahkan mencapai 320 persen di 2020.

Pada 2019 AKI di Sragen hanya tujuh orang se

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen Hargiyanto saat peringatan HUT IBI ke-70 di aula Sukowati Sragen.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen Hargiyanto saat peringatan HUT IBI ke-70 di aula Sukowati Sragen. (Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani)

dangkan pada 2020 sebanyak 23 ibu meninggal dunia. Sementara itu pada 2021 per Juni sudah ada sembilan ibu meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Hargiyanto ketika peringatan HUT IBI ke-70 di aula Sukowati Sragen.

"Angka kematian ibu naik hampir 320 persen dari 2019 ke 2020. Pada 2021 ini sudah ada sembilan ibu meninggal dunia," kata Hargi sapaan akrabnya, Kamis (24/6/2021).

Tingginya angka kematian tersebut dikatakan Hargi menjadi tantangan terutama IBI. Hargi melanjutkan kenaikan 23 dari sembilan kasus bukan karena fasilitas di pelayanan primer.

Namun di perjalanan rujukan atau di fasilitas pelayanan rujukan. Kendati demikian Hargi menyampaikan ini tetap menjadi PR bersama-sama.

Faskes primer dalam hal ini ialah di bidan masing-masing desa atau di puskesmas sementara untuk rujukan adalah RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen.

Pandemi Covid-19

Ditemui usai acara, Hargi mengatakan ada sejumlah faktor AKI mengalami peningkatan salah satunya ialah Pandemi Covid-19. Ia mengatakan beberapa ibu hamil ketakutan ketika akan memeriksakan kehamilan ketika Pandemi Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved