Breaking News:

Universitas Semarang

Magister Hukum USM Gandeng Dubes Panama Gelar Webinar Tentang Kebijakan Diplomasi Saat Pandemi

Program Studi Magister Hukum Universitas Semarang (USM) menggandeng Dubes RI untuk Panama Sukmo Harsono SE MM menggelar Webinar.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Webinar Tentang Kebijakan Diplomasi Saat Pandemi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Program Studi Magister Hukum Universitas Semarang (USM) menggandeng Dubes RI untuk Panama Sukmo Harsono SE MM menggelar Webinar tentang “Kebijakan Diplomasi Saat Covid-19” secara daring pada Kamis (24/6/2020).

Sukmo Harsono merupakan Dubes RI untuk Panama, beliau juga merangkap Dubes untuk Honduras, Kostarika, dan Nikaragua.

Menurut Kaprogdi Program Studi Magister Hukum USM Dr M Junaedi MH kegiatan ini diikuti sebanyak 100 an peserta dengan menghadirkan moderator dosen MH USM Dr Drs H Kukuh Sudarmanto SSos SH MM MH.

Menurut Junaedi tujuaan webinar ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahun para peserta yang terdiri dari mahasiswa USM, pengacara, serta para akademisi dari perguruan tinggi Se Indonesia ini terkait kebijakan diplomasi Dubes RI di Panama saat pandemic covid-19.

Dalam paparannya Sukmo Harsono menyampaikan tentang berbagai kebijakan diplomasi yang dilakukannya di Panama, Honduras, Kostarika, dan Nikaragua.

“Tugas pokok saya sebagai Dubes adalah diplomasi marketing, diplomasi politik, diplomasi, penerangan sosial dan buadaya, dan diplomasi perlindungan terhadap WNI,” ungkapnya.

Saat pandemi ini dia mengawali tugas sebagai Dubes pada November 2020.

Pandemi ini membawa pola sangat signifikan dalam pergaulan internasional, masing-masing negara memliki kebijakn sendiri dengan skala prioritas.

Sesuai arahan Presiden RI diharapkan diplomat bisa 70% melaksanakan diplomasi marketing karena dengan dengan keberhasilan diplomasi marketing bisa mendongkrak prekonomiam negara melalui investasi dan lain-lain.

Selain itu dia juga secara aktif melakukan perlindungan WNI terkait hak-hak para Anak Buah Kapal (ABK) di Panama dengan melakukan sidak dan menemui langsung pemilik kapal.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved