Breaking News:

Berita Karanganyar

Rekor Baru, Dalam Sehari Ada 20 Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Karanganyar

Tim pemulasaraan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar membantu memakamkan warga yang terpapar Covid-19 hingga 20 kali sela

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Tim pemulasaraan BPBD Karanganyar membantu memakamkan warga yang terpapar Covid-19 di Kecamatan/Kabupaten Karanganyar. 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Tim pemulasaraan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar membantu memakamkan warga yang terpapar Covid-19 hingga 20 kali selama satu hari.

Jumlah tersebut terbanyak sejak awal pandemi hingga saat ini bagi Tim pemulasaraan BPBD Karanganyar dalam membantu pemakaman warga yang positif Covid-19 dalam sehari.

"20 Pemakaman dalam satu hari. Luar biasa Jumat (25/6/2021) kemarin itu. Biasanya kan 3-4 kali. Untungnya tidak bersamaan," kata Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Karanganyar, Hardi saat dihubungi Tribunjateng.com, Sabtu (26/6/2021).

Baca juga: Pria Inggris Ini Menderita Covid-19 Selama 10 Bulan: Istri Saya Sudah Mengatur Pemakaman

Baca juga: Bupati Jepara Dian Kristiandi Beri Semangat Relawan Pemakaman Covid-19

Meski ada 20 pemakaman protokol Covid-19, lanjutnya, semuanya dapat tertangani. Pemakaman tersebut dilakukan di beberapa wilayah seperti di Kecamatan Colomadu saja ada empat kali pemakaman dengan protokol Covid-19 dalam satu hari.

Dari 20 pemakaman, Hardi merinci, 18 orang terkonfirmasi positif Covid-19, satu orang suspect dan satu orang probable.

Dia menuturkan, tercatat ada enam pemakaman protokol Covid-19 yang dilakukan Tim pemulasaraan BPBD Karanganyar hari ini.

Dalam menjalankan tugas, selain Satgas BPBD Karanganyar juga melibatkan PMI dan jaring relawan di daerah. Di samping melibatkan TNI-Polri untuk membantu pengamanan selama berlangsungnya prosesi pemakaman.

"Peningkatan kegiatan (pemakaman protokol Covid-19) terjadi pasca lebaran. Adanya relawan tentu sangat membantu," ucapnya.

Seiring meningkatnya pemakaman protokol Covid-19 juga berdampak terhadap ketersediaan APD bagi Tim pemulasaraan.

"Kita anggarannya kan untuk 310 kegiatan (pemakaman). Ini sudah 305 kegiatan. Ini APD sudah menipis. Tadi kita sudah lapor ke Pak Kalak BPBD Karanganyar untuk nantinya dilaporkan ke Bupati," jelas Hardi. (Ais)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved