Breaking News:

Berita Wonosobo

Tingkatkan Life Skill Santri, PP Al Islah Garung Wonosobo Tanam Pisang Kirana

Seperti halnya Pondok Pesantren Al Islah, Desa Kalilawang Kecamatan Garung, Wonosobo. Jumat pagi (25/6/2021), di kebun sekitar ponpes, sejumlah ustaz

Penulis: khoirul muzaki | Editor: m nur huda

Penulis: Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Di era persaingan global saat ini, santri tak hanya dituntut punya pengetahuan agama yang luas. 

Mereka harus juga memiliki life skill (kecakapan hidup) untuk bekal ketika terjun di masyarakat nanti. 

Sehingga, mereka tidak gagap menghadapi tantangan hidup yang keras di luar sana. Sebagian pondok pesantren sudah mulai memasukkan pendidikan life skill untuk kegiatan ekstra santri. 

Seperti halnya Pondok Pesantren Al Islah, Desa Kalilawang Kecamatan Garung, Wonosobo. Jumat pagi (25/6/2021), di kebun sekitar ponpes, sejumlah ustaz dan santri berkumpul. Wakil Bupati Kebumen, serta jajarannya turut andil dalam kegiatan penanaman. 

Mereka telah menyiapkan 400 bibit Pisang Kirana untuk ditanam di lahan sekitar setengah hektar. Satu persatu bibit ditanam di lubang-lubang yang telah dipersiapkan. 

"(Problem) kalau lulus dari pesantren mau jadi apa sih. Makanya, kita bekali dengan kegiatan ekstra untuk memotivasi mereka, " kata Muhammad Faturrohman, Kepala Ponpes Al Islah Desa Sitiharjo, Kecamatan Garung Wonosobo, Sabtu (26/6/2021) 

Bibit itu disuplai dari Batabana, organisasi petani santri yang fokus mengembangkan pembibitan Pisang Kirana. 

Sembilan bulan ke depan, warga pesantren akan menuai hasilnya ketika pohon itu mulai berbuah. Perawatan tanaman jenis itu bukan hal susah. Tanaman pisang mudah tumbuh di hampir semua lahan. 

Tugas para santri yang nanti akan ikut merawatnya. Di sela kegiatan mengaji, mereka akan ikut dilibatkan dalam kegiatan pertanian. Hingga mereka terampil bertani dan siap terjun ke tengah masyarakat nantinya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved