Breaking News:

Berita Tegal

BOR Nyaris Penuh, Ini Upaya yang Dilakukan RS Mitra Siaga Tegal

Kasus Covid-19 yang terus meningkat setiap harinya membuat Bed Occupancy Ratio (BOR) di Rumah Sakit Mitra Siaga Kabupaten Tegal hampir 100 persen

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: galih permadi
ISTIMEWA
tenaga kesehatan di Rumah Sakit Mitra Siaga Kabupaten Tegal sedang melakukan penanganan di ruang isolasi pada Senin (28/6/2021). Adapun sejauh ini BOR di RS Mitra Siaga sudah mencapai 98 persen, sehingga untuk antsipasi pihak rumah sakit berencana menambah tujuh kamar tambahan dengan memanfaatkan selasar. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kasus Covid-19 yang terus meningkat setiap harinya membuat Bed Occupancy Ratio (BOR) di Rumah Sakit Mitra Siaga Kabupaten Tegal hampir 100 persen terisi penuh. 

Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak RS Mitra Siaga berencana menambah kurang lebih tujuh kamar yang akan digunakan untuk tempat isolasi mandiri pasien Covid-19. 

Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua Satgas Covid-19 RS Mitra Siaga Kabupaten Tegal, Rohmatullah, pada Tribunjateng.com, Senin (28/6/2021).

Rohmat menyebut, tujuh kamar tambahan yang rencananya digunakan untuk penanganan pasien Covid-19 ini nantinya menyekat selasar-selasar yang bisa digunakan untuk ruang isolasi mandiri.

"Saat ini kami menyediakan 116 tempat tidur dan yang sudah terisi ada 111 tempat tidur. Sehingga BOR kami di angka 98 persen dengan kata lain sebentar lagi akan penuh. Bahkan di IGD kurang lebih ada tiga pasien yang antre masuk perawatan ke kami," ungkap Rohmat.

Mengingat beberapa rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal ketersediaan tempat tidurnya hampir penuh, maka Rohmat mengimbau masyarakat untuk mulai terbiasa melakukan isolasi mandiri di rumah terutama bagi mereka yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) maupun bergejala ringan.

Sehingga nantinya, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit adalah mereka yang mengalami gejala sedang sampai berat.

"Selain mengingatkan masyarakat untuk terbiasa melakukan isolasi mandiri di rumah, saya juga mengimbau untuk tetap patuhi prokes 5M jangan sampai kendur, karena di Kabupaten Tegal sendiri kasusnya masih terus meningkat," ujarnya.

Ditanya mengenai ketersediaan stok oksigen, Rohmat mengaku tidak mengalami kendala dan sejauh ini stok oksigen memenuhi atau masih dalam kategori aman. (dta)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved