Breaking News:

Info Gempa

Gempa M 5,3 Selatan Yogyakarta Terasa hingga Purworejo, Kebumen, Cilacap, Patahan di Indo-Australia 

Info gempa hari ini. Gempa bumi berkekuatan M 5,3 mengguncang wilayah Gunungkidul, Yogyakarta dan sekitarnya pukul 05.15 WIB, Senin (28/6/2021) pagi.

Editor: m nur huda
TRIBUNJATENG/GALIH PERMADI
Gempa bumi yang terjadi Subuh, Senin (28/6/2021) pagi ini membuat kaget sejumlah warga. Gempa berpusat di Gunungkidul Yogyakarta 

TRIBUNJATENG.COM - Info gempa hari ini. Gempa bumi berkekuatan M 5,3 mengguncang wilayah Gunungkidul, Yogyakarta dan sekitarnya pukul 05.15 WIB, Senin (28/6/2021) pagi.

Dikutip Kompas.com dari cuitan akun Twitter Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi selatan Yogyakarta ini berkekuatan M 5,3 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw 5,1.

Daryono menjelaskan melihat ground motion atau pergerakan tanah yang kuat, gempa ini berpusat di dalam lempeng (intraslab) pada kedalaman menengah.

"Padahal magnitudo relatif kecil dengan spektrum guncangan yang luas. Mirip dengan gempa selatan Malang (pada) 10 April dan 21 Mei 2021," kata Daryono.

"Gempa Yogyakarta M 5,3 pagi ini dirasakan di Bantul, Gunungkidul dalam skala intensitas III-IV MMI, Purworejo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Nganjuk III MMI, Sleman, Yogyakarta II-III MMI, Klaten, Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, Malang, dan Solo II MMI," tulis Daryono.

Lebih lanjut Daryono mengungkapkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,56 LS dan 110,58 BT.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km arah Selatan Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DI. Yogyakarta pada kedalaman 61 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, gempa selatan Yogyakarta Mw 5,1 pagi ini merupakan jenis gempa menengah," tulis Daryono.

Menurutnya, hal itu terjadi akibat adanya deformasi atau patahan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Pulau Jawa dengan mekanisme pergerakan naik-mendatar (oblique thrust fault).

Daryono menambahkan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Mw 5,1 di selatan Yogyakarta.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved