Breaking News:

Berita Banjarnegara

Bupati Banjarnegara Singgung Klaim Pembiayaan Pasien Covid Lumayan, IDI Beri Tanggapan

Video Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono terkait Covid 19 kembali viral di dunia maya.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
istimewa
Bupati Banjarnegara resmikan ruang isolasi RSI Banjarnegara yang bekas tempat parkir. 

TRIBUNBANYUMAS. COM, BANJARNEGARA - Video Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono terkait Covid 19 kembali viral di dunia maya. Ia yang sempat menuai sorotan karena menentang  pembubaran pentas seni Kuda Lumping di Kecamatan Madukara, beberapa waktu lalu, kini kembali menuai perhatian publik. 

Dalam video yang beredar di media sosial, Bupati Budhi menyebut klaim untuk pembiayaan perawatan pasien Covid 19 oleh pihak rumah sakit nilainya lumayan. 

"Karena sekarang lumayan sih. Kalau karantina di rumah sakit, lumayan klaimnya, " katanya

Ia bahkan mengaku sempat bertemu "sales" yang mencari orang sakit untuk diinapkan di rumah sakit. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk sadar dan insaf, serta bergotong royong agar pandemi ini segera berakhir. 

Pernyataan Bupati Banjarnegara terkait klaim untuk pembiayaan pasien Covid itu menuai tanggapan dari Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Banjarnegara dr Agus Ujianto. 

Tugas tugas medis, terutama bagi pasien covid sudah dilakukan oleh petugas medis di rumah sakit, baik swasta maupun rumah sakit milik pemerintah. 

"Saya kira hal tersebut (berebut pasien) tidak lah benar. Kami sudah melakukan tugas tugas medis sebagaimana mestinya," katanya

Ia pun menjelaskan perihal mekanisme klaimuntuk pembiayaan pasien Covid 19. 

Dengan adanya klaim dari pemerintah untuk pembiayaan pasien covid 19, otomatis rumah sakit akan membiayai terlebih dahulu kebutuhan pasien, baik untuk perawatan dan obat obatan. 

Baru setelah itu, klaim diajukan ke pemerintah. Setelah diajukan, rumah sakit harus menunggu beberapa waktu sehingga ada pencairan untuk pengganti pembiayaan pasien Covid 19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved