Breaking News:

Berita Solo

Polresta Solo Bentuk Ratusan Tenaga Sukarelawan Tracer 

Menanggapi tingginya kasus Covid-19, Polresta Solo membentuk ratusan tenaga sukarelawan.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Pelatihan tracer yang diselenggarakan Polresta Solo kepada Senkom Mitra Polri di Pendopo Kelurahan Manahan, Senin (28/6/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Menanggapi tingginya kasus Covid-19, Polresta Solo membentuk ratusan tenaga sukarelawan. Mereka nantinya akan melakukan tracing apabila terjadi kasus persebaran virus corona. 

Sebelum terjun ke lapangan, para calo

Pelatihan tracer yang diselenggarakan Polresta Solo kepada Senkom Mitra Polri di Pendopo Kelurahan Manahan, Senin (28/6/2021).
Pelatihan tracer yang diselenggarakan Polresta Solo kepada Senkom Mitra Polri di Pendopo Kelurahan Manahan, Senin (28/6/2021). (Tribun Jateng/Muhammad Sholekan)

n tracer yang merupakan anggota Senkom Mitra Polri Solo mendapatkan pelatihan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo di Pendopo Kelurahan Manahan, Senin (28/6/2021). 

Mereka menerima materi di ataranya teknis tracing, metode wawancara, pencegahan dini terpapar corona, dan lain sebagainya.

Kasat Binmas Polresta Solo, Kompol Febriyani Aer menuturkan, pelatihan ini sangat diperlukan guna mencegah para tenaga sukarelawan ini terpapar virus corona. 

"Karena mereka ini yang nantinya menjadi garda terdepan dalam melalukan pendeteksian," ucapnya di sela kegiatan pelatihan. 

Menurut Febby, pembentukan sukarelawan ini berdasarkan petunjuk dari Mabes Polri untuk membantu pemerintah guna mempercepat pendeteksian masyarakat yang terpapar virus corona. 

Sebagai awalan, lanjut Febby, tenaga sukarelawan ini berasal dari Senkom Mitra Polri. 

"Selama ini, dari kepolisian petugas tracingnya hanya dari Bhabinkamtibmas. Padahal wilayah tugasnya luas. Sehingga perlu tambahan personil. Dari situ kita bentuk sukarelawan ini. Ada sekitar 200 orang, sehingga bila dibagi 54 keluarahan 3 sampai 5 orang," jelasnya. 

Pembentukan sukarelawan ini, lanjut dia, tak akan berhenti kemarin saja. Namun, masih akan ada sularelawan lain yang dibentuk. 

Sementara itu, Ketua Senkom Mitra Polri Kota Solo, Kevin Fabiano mengatakan seluruh anggotanya akan langsung bertugas dilapangan. 

"Kita setelah ini akan berkoordinasi dengan Dinkes agar bisa mengakses siapa yang terpapar corona dan sejauh mana tracingnya," jelasnya. 

"Anggota kita merata, setiap kelurahan ada personil kita, sehingga bisa cepat melakukan pendeteksian. Nantinya tetap hasil tracing, akan kita laporkan ke DKK sebagai pemangku kebijakan," tandasnya. (*) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved