Breaking News:

Corona Kabupaten Tegal

Eks Puskesmas Penusupan Jadi Tempat Isolasi Terpusat Tingkat Kecamatan, Sediakan 25 Tempat Tidur

Pemerintah Kabupaten Tegal sedang berupaya menyiapkan tempat isolasi terpusat tingkat Kecamatan yang lokasinya berada di Puskesmas setempat

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji, saat memantau kesiapan geudung Rusunawa di RSUD Suradadi yang nantinya dijadikan sebagai tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal, Sabtu (26/6/2021) lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal sedang berupaya menyiapkan tempat isolasi terpusat tingkat Kecamatan yang lokasinya berada di Puskesmas setempat. 

Adapun tahap pertama ada enam Puskesmas yang sedang dalam tahap persiapan yaitu Puskesmas Balapulang, Jatinegara, Bumijawa, Bekas Bangunan Puskesmas Penusupan, Pagianten, dan Puskesmas Suradadi.

Masing-masing Puskesmas menyediakan 10-15 tempat tidur bagi pasien Covid-19 yang tidak bergejala dan bergejala ringan.

Sejauh ini, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji, baru eks Puskesmas Penusupan yang sudah siap menjadi tempat isolasi terpusat. Sedangkan lima lainnya masih dalam tahap penyempurnaan.

"Kalau untuk tempat isolasi terpusat tingkat Kecamatan yang sudah siap baru di eks Puskesmas Penusupan. Kami menyediakan 25 tempat tidur bagi pasien Covid-19 tidak bergejala dan bergejala ringan yang tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri di rumah," jelas Hendadi, pada Tribunjateng.com, Rabu (30/6/2021). 

Ditanya mengenai tren kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal, Hendadi menyebut sampai saat ini masih terus meningkat baik yang terkonfirmasi positif Covid-19 maupun yang meninggal dunia. 

Sehingga baik penambahan kasus positif, kesembuhan, dan kematian karena Covid-19 semuanya mengalami peningkatan. 

Untuk mengantisipasi membludaknya pasien Covid-19, Pemkab Tegal berupaya semaksimal mungkin menyiapkan tempat isolasi terpusat khususnya di Rusunawa RSUD Suradadi bisa selesai dan ditempati pada pertengahan Juli 2021 mendatang. 

Mengingat ketersediaan tempat tidur di beberapa rumah sakit rujukan pasien Covid-19 semuanya sudah hampir penuh. 

"Untuk yang isolasi terpusat di Rusunawa RSUD Suradadi insyaallah pertengahan Juli 2021 sudah bisa ditempati semuanya 88 tempat tidur. Ya kurang lebih dua minggu lagi sudah siap," tuturnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved