Breaking News:

PLN Distribusi Jateng & DIY

Utamakan Mutu Layanan, PLN Jaga Kualitas Aset Kelistrikan

PLN selalu berupaya menjaga kualitas aset-aset kelistrikan. Tentunya hal ini akan berkaitan dengan mutu pelayanan yang selalu optimal

Editor: abduh imanulhaq
ist
Utamakan Mutu Layanan, PLN Jaga Kualitas Aset Kelistrikan 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Untuk menjaga keandalan layanan pendistribusian listrik ke pelanggan, PLN selalu menjaga kualitas instalasi dan peralatan listrik yang digunakan lewat kegiatan pemeliharaan rutin pada aset-aset kelistrikan PLN.

Kamis (17/6), PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta melakukan pemeliharaan kubikal 20 kV pada Gardu Induk Weleri.

Pemeliharaan dilakukan oleh tim khusus dari PLN UP2D Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yang terdiri dari Pengawas Pekerjaan, Pengawas K3, Safety Advisor dan Pelaksana.

Dalam melakukan pemeliharaan, PLN menggunakan dua metode, yaitu time base dan condition base.

Pada metode time base, pemeliharaan tersebut direncanakan dan terjadwal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Selain berdasarkan waktu, hasil pengujian pada peralatan seperti waktu peralatan bekerja karena ganggaun jaringan tegangan menegah (JTM) juga menjadi pertimbangan dalam dilakukannya pemeliharaan kubikel.

Selanjutnya, untuk metode condition base, PLN fokus pada hasil temuan dari team inspeksi 20 kV.

PLN juga mengecek dan memeriksa berbagai indikasi yang dapat berpotensi menyebabkan padam meluas di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Pemeliharaan rutin penting dilakukan untuk menjaga kontinuitas penyaluran tenaga listrik yang andal kepada pelanggan.

Selain itu, meningkatkan reliability, availability dan efisiensi, memperpanjang umur peralatan, mengurangi risiko terjadinya kegagalan atau kerusakan peralatan, meningkatkan keamanan peralatan, serta mengurangi durasi waktu padam akibat gangguan.

Manager PLN UP2D Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Hamsyah Trirohadi, mengatakan PLN selalu berusaha konsisten dalam melakukan pemeliharaan rutin pada aset-aset PLN.

Seluruh elemen dalam pemeliharaan juga diperhatikan dengan rinci baik dari personel tim, peralatan pemeliharaan, maupun penunjang lainnya untuk hasil yang optimal.

“PLN selalu berupaya menjaga kualitas aset-aset kelistrikan. Tentunya hal ini akan berkaitan dengan mutu pelayanan yang selalu optimal agar pasokan listrik ke pelanggan tetap andal,” tutupnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved