Breaking News:

Bea Cukai Tanjung Emas Semarang

Bea Cukai Tanjung Emas Raih Pertumbuhan Realisasi Penerimaan sebesar 19,59%

Tengah tahun 2021, Bea Cukai Tanjung Emas berhasil lampaui 108,55% dari target penerimaan APBN Tahun 2021.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Bea Cukai Tanjung Emas meraih pertumbuhan realisasi penerimaan sebesar 19,59% 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG  – Tengah tahun 2021, Bea Cukai Tanjung Emas berhasil lampaui 108,55% dari target penerimaan APBN Tahun 2021.

Dengan total penerimaan yang berhasil diraih sebesar 772.1 Milyar Rupiah.

Yang terdiri dari penerimaan dari sektor bea masuk sebesar 737,5 Milyar Rupiah dan 34,5 Milyar Rupiah dari sektor bea keluar.

Data ini diperoleh per tanggal 30 Juni 2021.

Dibanding tahun lalu 30 Juni 2020, penerimaan mengalami peningkatan sebesar 19,59%.

Jika ditambah dengan total penerimaan negara dari sektor Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) sebesar Rp 3,741 Triliun, maka total penerimaan yang berhasil dikumpulkan oleh Bea Cukai Tanjung Emas sebesar Rp 4,513 Triliun.

Naik 12,18% dari data pertengahan tahun 2020.

Tren positif perekonomian yang mulai pulih di Era New Normal diprediksi akan semakin membaik tahun 2021, namun kenyataannya Pandemi Covid-19 belum bisa terkendali, sehingga membuat situasi dan pertumbuhan ekonomi serba tidak pasti.

“Peningkatan capaian penerimaan oleh Bea Cukai Tanjung Emas dibandingkan tahun lalu menunjukkan adanya geliat kegiatan dari sektor manufaktur maupun konsumsi, menjadi sinyal bahwa ditengah situasi dan kondisi pandemi yang semakin tidak terkendali, masih ada harapan pertumbuhan ekonomi Indonesia, Khususnya Jawa Tengah,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin.

Menuju akhir tahun 2021, monitoring dan evaluasi terus dilaksanakan agar penerimaan negara tetap terkendali dan sesuai dengan target.

Berbagai relaksasi dan fasilitas telah diberikan kepada pelaku usaha, berbagai program kerja telah dilaksanakan untuk mendorong ekspor apalagi ekspor Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Anton optimistis tahun 2021 Bea Cukai Tanjung Emas dapat meraih target penerimaan negara.

“Dukungan dari seluruh instansi dan stakeholder dapat memberikan kontribusi positif untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah. Tahun lalu, Bea Cukai Tanjung Emas telah berhasil lampau target. Kami yakin bisa kembali melewati tantangan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 ini. Apalagi sekarang program vaksinasi telah digencarkan disegala lini. Semoga situasi dan kondisi cepat terkendali.” (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved