Breaking News:

Vaksinasi Corona

Vaksinasi untuk Penyandang Disabilitas di Solo, Penerjemah Khusus Dampingi Tenaga Kesehatan

Dinas Kesehatan Kota Surakarta bekerja sama dengan Grab melaksanakan vaksinasi dosis pertama yang menargetkan 2.250 penduduk, penyandang disabilitas.

Editor: rival al manaf
Istimewa/ Grab
Salah satu penerjemah khusus tengah memberikan penjelasan dari tenaga kesehatan kepada peserta tuli yang hadir saat pelaksanaan vaksinasi hari ini di Pendhapi Balaikota Surakarta, (30/6). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Dinas Kesehatan Kota Surakarta bekerja sama dengan Grab melaksanakan vaksinasi dosis pertama yang menargetkan 2.250 penduduk, penyandang disabilitas, dan pekerja publik sektor transportasi yang mencakup mitra pengemudi dan pengantaran Grab.

Vaksinasi dilaksanakan di Pendhopo Balai Kota Surakarta pada tanggal 30 Juni sampai 2 Juli 2021. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka juga hadir untuk meninjau jalannya pemberian vaksin kepada warga Surakarta.

Pada bulan Maret lalu, Grab juga telah mendukung program vaksinasi tahap 2 dari Pemerintah Kota Surakarta yang ditujukan bagi Aparatur Sipil Negara dan pekerja publik sektor transportasi.

Dengan penyandang disabilitas sebagai salah satu kategori target penerima vaksin, Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan Grab telah menyediakan fasilitas dan akses yang ramah bagi mereka, seperti antrian khusus dan juga penerjemah khusus untuk peserta Tuli.

Grab juga turut mendukung pelaksanaan vaksinasi dengan menyediakan sumber daya dan teknologi untuk membantu proses operasional.

Mulai dari teknologi Grab untuk mendukung pengundangan dan pemilahan peserta dari segmen mitra pengemudi dan pengantaran Grab sesuai dengan arahan Dinas Kesehatan Surakarta, melakukan pengaturan di area untuk meminimalisir kerumunan.

Baca juga: Panen dari Tanah Bengkok, Pemdes Ngagel Pati Bagi-bagi Beras ke Seluruh Warga 

Baca juga: Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Hari Wuljanto Meninggal

Baca juga: Tempat Karaoke & Hiburan di Kota Tegal Harus Tutup Semasa PPKM Darurat

Baca juga: KAI Daop 4 Semarang Batalkan10 Perjalanan Lintas Utara dan 2 Lokal Selama PPKM Darurat

“Saya mengucapkan terima kasih atas sinergi semua pihak, termasuk Grab yang telah menyukseskan pelaksanaan vaksinasi yang diadakan dengan menargetkan penyandang disabilitas, dan pekerja publik sektor transportasi."

"Saya juga senang melihat, pusat vaksinasi ini menyediakan fasilitas dan akses yang ramah bagi pesertanya dengan memberikan antrian dan juga penerjemah khusus untuk peserta tuli."

"Semoga dengan adanya layanan ini, dapat mempercepat vaksinasi dan akan lebih banyak lagi masyarakat yang terlindungi, mengingat saat ini Kota Solo merupakan kota dengan vaksinasi tertinggi di Jawa Tengah. Saya juga berharap  dukungan dari masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi, mari bersama kita lawan COVID-19," terang Ganjar.

Sementara itu Gibran menambahkan, kolaborasi antara pemerintah dan swasta merupakan hal yang sangat penting untuk dapat terus menggenjot vaksinasi.

"Dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan Grab Indonesia yang sudah melaksanakan program vaksinasi  kepada penduduk, penyandang disabilitas, dan pekerja publik. Semoga program vaksinasi ini dapat membantu percepatan program vaksinasi inklusif terutama bagi mereka yang membutuhkan perlindungan,” tambahnya.

Richard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia menyampaikan, Grab sadar akan pentingnya upaya vaksinasi, terutama saat penyebaran COVID-19 memasuki gelombang kedua khususnya bagi area Jawa Tengah yang masuk dalam zona merah.

"Kami sangat senang dapat kembali mendukung pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di Surakarta. Kami bersyukur karena tidak hanya dapat melindungi para mitra pengemudi lewat pemberian vaksin, tetapi juga dapat turut mempercepat vaksinasi bagi para penyandang disabilitas dan memberikan fasilitas yang ramah bagi mereka."

"Harapannya, kerja sama dan inisiatif dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta ini dapat mendorong semakin banyak masyarakat untuk menerima vaksin COVID-19 secara menyeluruh demi terciptanya kekebalan kelompok.”

Grab telah bekerja sama dengan pemerintah sejak bulan Februari 2021 untuk menghadirkan pusat vaksinasi di berbagai kota di Indonesia, dan telah membantu distribusi vaksin ke ratusan ribu masyarakat dan mitra pengemudi di Indonesia di lebih dari 53 kota dan kabupaten hingga kini. (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved