Breaking News:

Universitas Nasional Karangturi

Ruang Gerak Akuntan Publik di Masa Pandemi

Pandemi COVID-19 yang belum berakhir sampai dengan Juli 2021 menjadi tantangan untuk Akuntan Publik dalam menjalankan proses audit.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Tiara Rani Santoso SE MSi CA, dosen S1 Akuntansi Universitas Nasional Karangturi 

Oleh : Tiara Rani Santoso SE MSi CA
Dosen S1 Akuntansi Universitas Nasional Karangturi

PANDEMI Covid-19 yang belum berakhir sampai dengan Juli 2021 menjadi tantangan untuk Akuntan Publik dalam menjalankan proses audit. Dampak yang dirasakan adalah dalam memperoleh bukti audit yang tepat karena adanya pembatasan baik akses maupun jumlah karyawan yang bertugas. Di sisi lain, auditor tetap harus mempertahankan kualitas audit dengan memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat karena laporan keuangan yang dihasilkan akan digunakan manajemen dalam membuat keputusan terencana untuk kelangsungan hidup perusahaannya.

Di awal tahap perencanaan, auditor harus merubah strategi auditnya dari yang biasanya tatap muka, sekarang dilakukan secara daring. Selain itu, perencanaan audit tahun sebelumnya perlu dikaji ulang mengingat resiko yang ditimbulkan oleh COVID-19 sangat berbeda dengan resiko audit tahun sebelumnya. Pemahaman atas pengendalian internal entitas menjadi hal yang sangat penting karena dengan pemahaman tersebut auditor dapat mengevaluasi risiko atas gangguan proses operasional perusahaan selama masa pandemi. Selain itu, auditor juga harus memahami beberapa paket kebijakan dan perubahan regulasi yang terjadi di masa ini.

Adanya regulasi pemerintah mengenai PPKM membuat auditor untuk berfikir kreatif dengan melakukan pelaksanaan audit jarak jauh. Proses audit jarak jauh sebenarnya sama dengan proses audit di tempat hanya pelaksanaannya dibantu oleh teknologi. Sebagai contoh, dalam proses stockopname, dapat memanfaatkan teknologi berupa live streaming. Namun, tentunya terdapat beberapa kekurangan misalnya stockopname di wilayah yang kurang mendapat akses jaringan.

Keadaan ini dapat disiasati dengan meminta video saat perhitungan dilakukan atau meminta rekaman CCTV di saat dilakukannya perhitungan, tentunya dengan sample yang telah auditor pilih. Selain itu dalam proses reviu dokumen audit, auditor dapat meminta klien untuk mengubahnya secara digital. Apabila dokumen yang diminta terlalu banyak, auditor dapat mengkomunikasikan dengan klien untuk datang ke kantor klien untuk menyelesaikan reviu dokumen tersebut tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam proses wawancara maupun pembahasan audit dengan klien, auditor dapat menggunakan fitur teleconference atau zoom. Pada proses ini, auditor hendaknya telah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan terkait reviu dokumen atau temuan-temuan di lapangan. Koordinasi antar auditor sangat diperlukan saat proses ini agar tidak tumpang tindih pertanyaan dengan personil lainnya.

Berikut terdapat berapa keuntungan dari proses audit jarak jauh diantaranya pelaksanaan audit lebih fleksibel, dapat menghemat biaya perjalanan dinas, dan bukti audit dapat diakses kapan pun. Di lain sisi, audit jarak jauh mengakibatkan keterbatasan pandangan saat melakukan observasi fisik karena klien hanya menunjukkan sample yang auditor berikan, kecepatan pemberian data yang berkurang karena klien harus scan dokumen terlebih dahulu dan kurangnya interaksi secara langsung menyulitkan untuk membangun hubungan kerja antara auditor dengan klien. Selain itu, gangguan sinyal menjadi hal yang vital karena seluruh akses prosedur audit dilakukan secara daring yang memerlukan jaringan yang stabil. Oleh karena itu, skeptisisme auditor perlu ditingkatkan dalam melihat kecenderungan melakukan kesalahan yang lebih besar dalam periode ekonomi yang sulit.

Pada intinya,pelaksanaan audit jarak jauh harus tetap mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh standar audit yang berlaku untuk menjaga kualitas audit selama masa pandemi COVID-19. Hanya saja cara pelaksanaannya yang berbeda yaitu secara daring. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved