Breaking News:

Berita Tegal

6 Pasien Covid-19 Meninggal saat Isolasi Mandiri di Tegal

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal mencatat terdapat enam pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di Kabupaten Tegal, J

Editor: m nur huda
Tribun Bali
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal mencatat terdapat enam pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, meninggal dunia.

Data pasien covid-19 meninggal saat isolasi mandiri  tersebut terhitung sejak tanggal 1 hinggga 6 Juli 2021. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Sarmanah Adi Muraeny menjelaskan, enam pasien isoman Covid-19 yang meninggal dunia ini merupakan warga Kecamatan Slawi, Dukuhwaru, dan Talang.

"Hal tersebut terjadi lantaran pasien isoman bergejala ringan tiba-tiba drop dan mengalami gejala berat," kata Sarmanah, dalam keterangannya, Rabu (7/7/2021).

Sarmanah menduga, faktor pemicu kondisi pasien memburuk karena terinfeksi Covid-19 varian delta.

“Sekarang banyak pasien Covid-19 yang tadinya bergejala ringan, tiba-tiba menjadi berat. Terlebih pada mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid,” kata Sarmanah.

Dia menyarankan, pihak keluarga melapor ke Satgas Jogo Tonggo atau menghubungi pihak puskesmas maupun PMI Kabupaten Tegal jika pasien isoman mengalami perburukan kondisi seperti sesak napas.

“Yang isolasi mandiri di rumah memang terus kami pantau lewat Puskesmas terdekat. Ketika sudah diberi obat-obatan kondisinya memburuk, tentunya akan segera dirujuk ke rumah sakit,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah mengaku telah berupaya memaksimalkan fungsi dan peran Satgas Jogo Tonggo Covid-19 untuk memantau kondisi pasien isoman, salah satunya dengan rutin memeriksa saturasi oksigen.

Menurutnya, saturasi oksigen ini bisa digunakan sebagai indikator awal untuk memeriksa kondisi pasien.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved