Breaking News:

Berita Semarang

Bakal Hadirkan Bokeh Sinematik, Ini Penampakan Oppo Reno6

Seri Oppo Reno6 dikabarkan akan segera hadir di Indonesia, dan kini sektor kamera yang mulai dibedah.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: sujarwo
Bakal Hadirkan Bokeh Sinematik, Ini Penampakan Oppo Reno6
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
Oppo Reno6 - Oppo Indonesia

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Seri Oppo Reno6 dikabarkan akan segera hadir di Indonesia. Seusai bocoran desain yang dibeberkan pihak Oppo dalam Reno6 1st Appearance Event beberapa waktu lalu, kini giliran sektor kamera yang mulai dibedah.

Pasalnya, perangkat penerus Oppo Reno5 ini akan menjadi smartphone pertama yang menghadirkan bokeh sinematik melalui fotografi komputasinya.

"Fotografi komputasional memungkinkan produsen smartphone untuk memecahkan batasan perangkat keras dengan memaksimalkan kemampuan algoritma kecerdasan buatan dan komputasi yang diproses oleh prosesor khusus seperti ISP (Image Signaling Processor). Namun, batasan ini berhasil ditembus Oppo dengan menghasilkan komputasional tidak hanya dalam fotografi namun ke ranah videografi. Oppo Reno6, menjadi seri smartphone pertama yang mencapai bokeh sinematik menggunakan teknik fotografi komputasi,” kata Aryo Meidianto A, PR Manager Oppi Indonesia seperti dalam keterangan tertulis yang diterima tribunjateng.com, kemarin.

Aryo menerangkan, dengan menggunakan Bokeh Flare Portrait Video pada Reno6, video bokeh flare sinematik dapat dilakukan hanya dengan klik satu tombol.

Hal itu kata dia, berbeda dengan sebelumnya yang untuk mencapai efek bokeh sinematik pada video, pengguna memerlukan peralatan profesional, tim profesional, dan bahkan masih memerlukan editor profesional untuk menyelesaikannya.

"Saat pengguna menekan tombol Bokeh Flare Portrait Video, Oppo Reno6 mulai menggunakan AI deep learning untuk melakukan pemahaman frame-by-frame dari video untuk membedakan secara akurat antara subjek video dan latar belakang," paparnya.

Oppo menyebut, sistem ini dapat melakukan segmentasi subjek manusia dengan akurat dan real-time 360 derajat.

Setelah segmentasi, rendering pengoptimalan tingkat piksel dilakukan untuk subjek dan gambar latar belakang.

Pada gambar subjek, pemrosesan warna dan kecerahan khusus dilakukan pada tingkatan piksel untuk mempertahankan warna asli gambar sambil mengoptimalkannya.

Pada saat yang sama, teknik computational vision digunakan untuk melakukan pemburaman latar belakang, pengingkatan saturasi, dan penyesuaian warna pada lingkaran cahaya pada gambar latar belakang.

"Oppo Reno6 memiliki kemampuan untuk mendekati jenis efek bokeh yang dicapai dengan lensa kamera aperture besar kamera DSLR untuk meniru efek bokeh, ukuran, kecerahan, dan lingkaran bokeh pada setiap cahaya dalam video yang telah ditentukan berdasarkan pemahaman kecerdasan buatan tentang sumber cahaya pada latar belakang. Selama proses perekaman, ukuran dan kecerahan lampu bokeh akan berubah berdasarkan pergerakan kamera dan perubahan kedalaman," lanjutnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved