Breaking News:

Berita Kajen

Pemkab Pekalongan Siapkan Vaksinasi untuk Anak

Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan pekan depan akan mulai membahas persiapan vaksinasi anak.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan pekan depan akan mulai membahas persiapan vaksinasi anak.

Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan Setyawan Dwiantoro mengatakan, pihaknya sudah menerima instruksi pelaksanaan vaksinasi untuk anak.

Namun saat ini belum ada kelanjutan pembahasan. Pihaknya baru akan membahas persiapan itu pekan depan.

"Jika memungkinkan, rencananya vaksinasi ini akan dilaksanakan di sekolah. Tapi kami belum bisa memastikan kapan itu dimulai," kata Kadinkes Kabupaten Pekalongan Setyawan Dwiantoro, Rabu (7/7/2021).

Menurut Wawan, panggilan akrabnya, bahwa kriteria anak yang akan divaksin itu usia 12-17 tahun.

Saat ini pihaknya belum bisa memastikan kapan vaksinasi anak akan dilaksanakan.

"Kami sudah memikirkan opsi-opsi mekanisme pelaksanannya. Di antaranya dengan kolaborasi bersama vaksinasi umum atau dilaksanakan di sekolah."

"Tapi sambil menunggu rapat persiapannya. Yang jelas, vaksinasi umum juga harus tetap berjalan meski ada vaksinasi anak," ujarnya.

Dikatakannya, capaian vaksinasi Kabupaten Pekalongan tergolong masih rendah. Apalagi, target vaksinasi kini dinaikkan. Dari semula 138 ribu orang sasaran menjadi 646.189 orang sasaran.

"Saat ini yang sudah baru 64.152 orang atau 9,93 persen. Itu dosis pertama, yang dosis kedua ini baru berjalan 4 persen," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya harus memvaksin sekitar 4 ribu orang per hari. Kemudian untuk vaksin sendiri untuk anak menggunakan vaksin sinovac. Vaksinasi untuk anak ini juga dengan perizinan dan persetujuan dari orang tua. 

"Tujuannya untuk mencapai target 646.189 orang tervaksin sampai Desember tahun ini."

Ini terus kami lakukan. Vaksinasi anak juga termasuk dalam angka target itu. Jadi saya harap para orang tua nanti juga turut memberi pemahaman terhadap anak. Sebab ini sebagai ikhtiar melawan pandemi Covid-19," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved