Breaking News:

Berita Karanganyar

Penjual Hewan Kurban di Karanganyar Kewalahan Layani Permintaan Pembeli

Harga jual sapi berkisar Rp 20 juta hingga Rp 21 juta per ekor. Kebanyakan sapi yang ada di kandang milik Kutut merupakan sapi jenis PO

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Tingginya permintaan pembeli membuat Kutut Lambang Pujadi (45), penjual hewan kurban asal Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar, kewalahan.

Kutut menyampaikan, pesanan sapi mengalami peningkatan sejak tiga minggu terakhir. Bahkan 200 ekor sapi yang berada di tiga kandang miliknya telah terjual semua.

Kebanyakan pembeli berasal dari takmir masjid. Sedangkan pembeli secara perorangan jumlahnya tidak begitu banyak.

Harga jual sapi berkisar Rp 20 juta hingga Rp 21 juta per ekor. Kebanyakan sapi yang ada di kandang milik Kutut merupakan sapi jenis PO.

"Sapi, ini malah mbludak, dalam arti pesanan tinggi. Sistem di sini kan sistemnya jauh-jauh hari. Puasa atau habis puasa sudah pesan. Akhir ini tambah terus (pesanan)," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (7/7/2021).

Pesanan secara dadakan membuatnya kewalahan untuk mencarikan sapi sebagai hewan kurban.

Lantaran sapi di kandang sudah terjual semua, Kutut sapaan akrabnya terpaksa mencari hewan kurban di luar daerah seperti Blora dan Purwodadi.

Hingga hari H atau Hari Raya Idul Adha mendatang, Kutut harus memenuhi pesanan dari pembeli untuk mencarikan 20 ekor sapi.

"Dibanding tahun lalu memang ada peningkatan. Tahun 2019 saya (menjual) lebih dari 250 ekor. Tahun 2020 anjlok sekitar 150 ekor, Tahun ini meningkat," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, tingginya permintaan sapi sebagai hewan kurban tidak sebanding dengan permintaan domba.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved